Home » » Menilik Pelaksanaan Mega Proyek Pembangunan Stadion Kota Prabumulih

Menilik Pelaksanaan Mega Proyek Pembangunan Stadion Kota Prabumulih

Written By Posmetro Prabu on 12/11/15 | 12.11.15

PRABUMULIH, PP - Pintu Jalan Poyek Pembangunan Stadion atau Sport Centre Kota Prabumulih yang berada di antara ruas jalan Lingkar dekat Terminal Kota Prabumulih Kelurahan Sukaraja Prabumulih Selatan terlihat tertutup rapat saat posmetroprabu.com melakukan peliputan. Pintu besar terbuat dari bahan material seng itu hanya diberi ruang sedikit saat portal ini mencoba masuk ke areal proyek.

Dua orang penjaga (PK) proyek di pintu masuk saat ditemui tidak berani memberikan izin peliputan di kawasan pekerjaan mega Proyek pembangunan sport center tersebut. Kedua pria itu mengaku bertanggungjawab atas keamanan proyek dan tidak akan memberikan izin masuk sebelum ada perintah dari atasannya. "Maaf pak, kami hanya pegawai, kalau nak meliput tunggu dulu kami hubungi atasan kami" ujar salah seorang penjaga, sembari menghubungi atasan yang dimaksud melalui ponselnya.

Tidak lama kemudian, seorang pria tegap menggunakan sepeda motor memasuki posko di pintu masuk Proyek. Bersalaman seraya memperkenalkan diri dan menjelaskan maksud dan tujuan, toh atasan kedua PK Proyek ini tidak memberikan izin peliputan. Pria berkulit coklat itu hanya bisa menyarankan kepada posmetroprabu.com agar menghubungi Pimpinannya yakni pemilik Proyek secara langsung.

Beruntung Pemilik Proyek memberikan izin peliputan saat posmetroprabu.com menghubungi yang bersangkutan melalui telepon selulernya. Sang PK Proyek pun mendampingi Posmetro Prabu CS menuju lokasi Pekerjaan Proyek Multiyears tersebut dan mempertemukan portal ini kepada Proyek Manejer yakni Ir Tazarudin.

Saat menuju pekerjaan Stadion, terlihat 2 Unit alat berat eskavator terparkir di bahu jalan masuk proyek. Beberapa kenderaan mobil Molen berseliweran di lokasi serta Puluhan Pekerja tampak sibuk melaksanakan pekerjaannya masing, masing. Di bagian barat dekat kantin di lokasi pekerjaan tersebut, tampak puluhan batang besi yang sudah dirangkai menggunakan alat mesin las untuk keperluan pembuatan tribun penonton. Tumpukan besi berukuran besar itu disejajarkan dengan tumpukan besi beton sebagai rangkayan cor beton tempat duduk penonton di bawah tribun.

Cuaca panas diseratai angin sepoi-sepoi seolah menyambut kedatangan posmetroprabu saat memasuki lapangan. Di dampingi Proyek Manejer Ir Tazarudin, Posmetro pun mendapat kesempatan untuk bertanya lebih dalam soal pelaksanaan Proyek yang menurutnya pekerjaan telah mencapai 70 persen. 

Ir Tazarudin tetap optimis meski di sisa waktu yang tinggal satu bulan, Proyek tersebut akan rampung sesuai dengan perjanjian kontrak kerja. "Pasti selesai seratus persen dengan kemampuan dana yang ada" ujarnya. Dijelaskannya, kemampuan dana yang dimaksudkan adalah, Proyek pembangunan Stadion Kota Prabumulih yang dikerjakannya saat ini mengalami pemangkasan anggaran ketika dana APBD Tahun anggaran 2015 Kota Prabumulih mengalami devisit. Dari Total anggaran sebesar Rp.52,4 Miliar kini tinggal Rp.28,6 Miliar.  

Diakunya, perjalanan pekerjaan proyek banyak mengalami kendala. Dimana salah satunya adalah ketika APBD Prabumulih mengalami devisit sehingga pihaknya mengalami kesulitan karna harus menghitung ulang biaya belanja untuk keperluan proyek tersebut. Yang kedua lanjutnya, pihaknya banyak melakukan perubahan pada ruang atlit di bawah tribun agar sesuai dengan standart Internasional Atlet Federation (IFA). Tentu saja perubahan ini sebelumnya telah dikoordinasikan dengan Owner yakni Pemerintah Kota Prabumulih selaku pemberi pekerjaan, ujarnya.

Perubahan selanjutnya dalam proyek yakni ukuran lapangan sepakbola. Dimana rencana awal adalah 72 m x 108 m. Mengingat lahan yang terbatas maka ukurannya lapangan dikurangi menjadi 105 m x 68 m. Pengurangan ukuran ini bukan berarti menjadikan ukuran lapangan tidak standart lagi. 

"Ukuran 105x68 tersebut adalah ukurn standart. Ukuran tersebut kita terapkan untuk menyesuaikan dimensi lapangan agar sesuai dengan lahan. Karna nantinya disisi lapangan akan dibangun delapan lintasan lari jarak 100 meter serta Drainase pembuangan air dari lapangan saat musim hujan. Intinya perubahan ukuran lapangan tidak bermasalah dan hanya menyesuaikan saja dengan lahan tanpa merubah ukuran standart yang diwajibkan" ujar Tazarudin.

Memasuki lapangan sepakbola itu, Tazarudin menjelaskan satu persatu detail bangunan. Dimana lanjut pria bertubuh mungil ini, pihaknya menjamin jika saat pertandingan sepakbola nantinya di iringi hujan, lapangan dipastikan tidak akan tergenang air karna pada proyek tersebut telah dilengkapi sebanyak 21 titik resapan air yang secara otomatis akan dialirkan ke drainese selanjutnya dikirim ke pembuangan.

Di sisi barat lapangan terlihat telah berdiri tegak satu tribun. Sementara di sebelahnya terlihat ada beberapa ruangan yang masih dalam tahap penyelesaian. Menurut Tazarudin, tribun tersebut dinamai tribun barat yang difungsikan sebagai tribun utama atau tribun VIP. Dan hampir diseluruh stadion, tribun barat difungsikan sebagai tribun VIP. Mengapa? matahari saat sore telah bergerak ke barat dan tribun ini tidak lagi terkena matahari saat pertandingan sedang berlangsung. Jadi diseluruh stadion, tribun barat dijadikan tribun VIP, ujarnya.

Untuk kapasitas tampung, Stadion yang belum memiliki nama ini nantinya mampu menampung sebanyak 10 ribu penonton. Tribun penonton sendiri pengerjaannya telah memasuki tahap finishing. Bahkan, untuk mengejar proyek agar selesai tepat waktu, pihak kontraktor terpaksa menambah tenaga kerja dan dibagi menjadi 2 shift. Artinya pekerjaan proyek ini dikerjakan siang dan malam. Dengan demikian, bisa dipastikan memasuki bulan desember 2015 proyek ini telah rampung.

Ditempat terpisah, Direktur Utama Kontraktor Pelaksana Deni Victoria SH yang dihubungi posmetroprabu.com juga mengungkapkan hal yang sama. Pria yang menjabat sebagai Ketua Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Kota Prabumulih itu mengaku optimis pekerjaan selesai tepat waktu.

Dikatakan, meski terkesan dikebut, tetapi pihaknya tidak pernah melupakan kewajiban dan tetap mengutamakan kualitas dan kuantitas bahan bangunan. Untuk cor beton di bagian tribun pihaknya menggunakan cor beton K225. Kualitas tersebut bisa dijamin karna pihak kontraktor memiliki pabrik pengolahan bahan beton sendiri (Betching Plan) dan sample beton selalu di uji di Universitas Sriwijaya. Hal ini dilakukan untuk memastikan kualitas bahan bangunan. Untuk cor jalan utama stadion, pihak kontarktor menggunakan beton kualitas K350, terangnya.

Untuk tahun ini, lanjut Deni, proyek fisik struktur lapangan akan selesai seratus persen dan dipastikan sudah dapat dipakai untuk pertandingan sepak bola. Rumput lapangan sendiri lanjut Deni, nantinya akan menggunakan rumput Matarela yang didatangkan khusus dari pangandaran Jawa Barat. Kulaitas rumput lebih lembut dan mudah menyesuaikan iklim sehingga perawatannya lebih mudah, ujarnya.

Ditambahkan Deni, seluruh item proyek mulai dari penataan lapangan, Tribun Penonton, ruang atlit, Lintasan Lari hingga ruang publik telah dimasukkan dalam time skedule. Berdasarkan time skdule tersebut akhir Nopember proyek sebenarnya sudah selesai. Selain telah masuk dalam skedule tenaga kerja juga ditambah sehingga bisa dipastikan proyek akan selesai tepat waktu. 

Disinggung masalah Proyek yang mengalami pemangkasan anggaran, pihaknya mengaku tidak mendapatkan kesulitan yang berarti lantaran Pekerjaan tetap disesuaikan dengan kemampuan anggaran yang ada. Adapun beberapa item yang mungkin belum bisa seratus persen dalam proyek pembangunan stadion adalah lintasan lari, ujarnya. Menurutnya, Lintasan tersebut membutuhkan lapisan sintetis khusus yang membutuhkan biaya besar dalam pengadaannya. Namun demikian, dengan kemampuan dana yang terbatas Deni mengaku bahwa pihaknya mengupayakan pembangunan lintasan sebaik mungkin agar layak digunakan. pp/jm
Share this article :

+ komentar + 9 komentar

Posting Komentar

Situs Berita Online POSMETROPRABU.COM. Pertama dan Terbesar di Kota Prabumulih. Terbit sejak Juni 2011

 
Support : Creating Website | Johny Template | Posmetro Cyber Group
Copyright © 2011. Posmetro Prabu - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Jun Manurung
Proudly powered by Posmetro Prabu