Home » » Belasan Calon Kades di Prabumulih Teken MoU Siap Kalah

Belasan Calon Kades di Prabumulih Teken MoU Siap Kalah

Written By Posmetro Prabu on 19/10/15 | 19.10.15

PRABUMULIH, PP  - Untuk meredam konflik yang terjadi dalam gelaran Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak di 7 Desa, sejumlah calon kades kemarin (16/10) menggelar penandatanganan pernyataan siap terpilih dan tidak terpilih.

Penandatanganan pernyataan itu sendiri dilakukan langsung di hadapan sejumlah unsur Forum Komunikasi Kepala Daerah (FKPD) di aula Polres Prabumulih.

Wakil Wali Kota Prabumulih, H Andriansyah Fikri SH dalam sambutannya mengatakan calon kepala desa yang telah menandatangani surat pernyataan tidak hanya sekedar bersepakat diatas kertas saja, tapi juga benar-benar bisa mengaplikasikan kesepakatan yang telah dibuat.

"Kalau memang keputusan akhir calon kepala desa harus kalah, yang bersangkutan harus sportif dan lapang dada menerima keputusan. Jangan sampai melakukan tindakan provokatif yang bisa memancing keributan di masyarakat," terangnya.

Fikri juga meminta kepada calon kades untuk mengikuti gelaran pemilihan dengan cara-cara yang jujur sesuai aturan yang berlaku. "Ketika melakukan pendaftaran, calon kades tentunya sudah mengetahui semua proses serta aturan mainnya. Ikuti dan jangan berlaku curang," terangnya.

Politisi PDI Perjuangan itu juga mengingatkan bahwa hakikat dalam suatu pemilihan pemimpin ialah untuk memajukan wilayah serta penduduknya. "Yang kalah, perjuangan tidak berhenti hanya sebatas pemilihan saja. Pengabdian untuk desa tidak hanya dilakukan ketika menjadi kepala desa. Sebagai warga yang baik, usulan program, kegiatan kritik dan saran sangat diperlukan dalam membangun desa agar bisa lebih maju," tukasnya.

Sementara itu, Kapolres Prabumulih, AKBP Arief Adiharsa SIk MTCP menuturkan penandatangan pernyataan ini merupakan rangkaian kegiatan dalam melakukan pengamanan. "Langkah ini tentu berdampak psikologis terhadap calon kades. Disinilah bisa kita lihat mana kades yang memiliki komitmen tinggi dalam membangun desanya," ucapnya.

Terkait proses pengamanan, Arief menjelaskan pihaknya saat ini sudah melakukan proses pengamanan desa dimana beberapa personel babinkamtibmas dan intel sudah melekat di masing-masing calon. "Nantinya di setiap TPS juga akan ditempatkan personel," bebernya.

Mengenai wilayah atau desa mana yang rawan konflik, Arief mengatakan setiap desa berdasarkan pantauan petugasnya di lapangan masih dalam kondisi yang kondusif. "Semuanya kami pantau dan saya sendiri dapat laporannya sehari-hari. Nah, untuk wilayah mana yang rawan kami masih belum temukan. Yang jelas kita semua berharap agar gelaran pilkades bisa dilaksanakan secara kondusif," pungkasnya. 
Share this article :

Posting Komentar

Situs Berita Online POSMETROPRABU.COM. Pertama dan Terbesar di Kota Prabumulih. Terbit sejak Juni 2011

 
Support : Creating Website | Johny Template | Posmetro Cyber Group
Copyright © 2011. Posmetro Prabu - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Jun Manurung
Proudly powered by Posmetro Prabu