Home » » Preman Pungli Dihadiahi Tiga Butir Peluru

Preman Pungli Dihadiahi Tiga Butir Peluru

Written By Posmetro Prabu on 10/09/15 | 10.9.15

PRABUMULIH, PP - Guna menekan angka premanisme dan pemalakan terhadap sopir angkutan truk yang melintas di Jalan Raya Kota Prabumulih yang kian meresahkan, Petugas Kepolisian Polres Prabumulih terpaksa mengambil tindakan tegas terhadap para pelaku yang mulai mengarah ke tindak pidana tersebut.

Malam tadi Rabu (09/09/2015) jajaran Polres Prabumulih terpaksa melumpuhkan dua dari tiga orang pelaku premanisme pemalakan terhadap angkutan truk batubara di Jalan Jendral Sudirman Kelurahan Muntang Tapus Kota Prabumulih.
                                                                                                                                         
Penangkapan yang dilakukan dini hari sekitar pukul 01.00 wib tersebut sempat membuat panik petugas. Sebab para pelaku yang menggunakan sepeda motor jenis Yamaha Vixion berboncengan tiga itu saat diminta berhenti oleh petugas malah mengeluarkan senjata api rakitan dan menembakkannya ke arah petugas. Beruntung tembakan tersebut meleset dan petugas berusaha menangkap pelaku.

Informasi yang berhasil dihimpun, penangkapan bermula saat polisi sedang melakukan razia rutin di Jalan Jenderal Sudirman. Memasuki kawasan Keluharan Muntang Tapus, Polisi melihat dan mencurigai pelaku yang mengenderai sepeda motor Jenis Yama Vixion warna putih tanpa plat nomor kenderaan berbonceng tiga melintas dari kawasan tersebut.

Saat dihentikan oleh petugas, pelaku langsung melarikan diri dan menembakkan senjata rakitan yang dibawa salah satu pelaku. Melihat pelaku menembakkan senjata api, petugas akhirnya mengambil tindakan melumpuhkan pelaku dengan cara menembak pelaku tepat di bagian kaki.

Tiga pelaku pun keok dengan luka tembakan dibagian kaki dan langsung digelandang ke kantor Polres Prabumulih untuk dilakukan penyidikan dan penyelidikan lebih lanjut.

Kapolres Prabumulih AKBP Arief Adiharsa SIK M.TCP yang dikonfirmasi Posmetro Prabu melalui Wakapolres Prabumulih Kompol FX Irwan Arianto SH MH membenarkan peristiwa penangkapan tersebut.

Dikatakan ketiga pelaku adalah Adi Susanto (24), bersama kedua rekannya Dudik Rendianto (23) dan Meta Yudis Fernando (25), warga Pendopo Kecamatan Talang Ubi Kabupaten Pali. Dari tangan para pelaku Dudik, petugas mendapatkan barang bukti senjata api rakitan jenis pistol, uang tunai sebesar Rp 395 ribu serta Jimat. Dari pelaku Adi Susanto, petugas mendapatkan senjata tajam jenis pisau. Sementara dari pelaku Meta Yudis petugas berhasil mengamankan sepeda motor merk Yamaha Vixion warna putih tanpa plat nomor, ujar Wakapolres.

Mantan Kasat Narkoba Polresta Palembang ini menambahkan, operasi penertiban premanisme di Kota Prabumulih digelar setiap malam dan mengerahkan seluruh jajaran dari Polsek hingga Polres. Para pelaku ini tertangkap tangan sedang melempari mobil angkutan batubara. Tim yang sedang melintas langsung melakukan penangkapan, tuturnya.

Sementara dalam penertiban yang dilakukan oleh pihaknya kerap bermain kucing-kucingan dengan para pelaku pungli. Besar kemungkinan pelaku sudah membaca pergerakan anggota. Sehingga, sewaktu ke TKP, para pelaku dengan cepat langsung kabur, ujar Perwira menengah melati satu di pundaknya itu.

Untuk mewujudkan Kota Prabumulih bersih dari aksi premanisme pemalakan terhadap truk batubara lanjutnya, Polres Prabumulih akan terus melakukan kegiatan serupa namun dengan pola pergerakan yang berbeda agar tidak mudah dibaca para pelaku.

Disinggung hukuman terhadap pelaku yang tertangkap saat ini, Sosok Polisi yang pernah menjabat sebagai Kasat Reskrim di Oku Timur ini mengungkapkan bahwa terhadap ketiga pelaku akan dijerat dengan pasal berlapis yakni Pasal 1 ayat 1 dan Pasal 2 ayat 1 UU Darurat no 12 tahun 1951 tentang kepemilikan senjata, pasal 365 KUHP jo Pasal 53 pasal 56  KUHP tentang percobaan.
Share this article :

Posting Komentar

Situs Berita Online POSMETROPRABU.COM. Pertama dan Terbesar di Kota Prabumulih. Terbit sejak Juni 2011

 
Support : Creating Website | Johny Template | Posmetro Cyber Group
Copyright © 2011. Posmetro Prabu - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Jun Manurung
Proudly powered by Posmetro Prabu