Home » » Lakukan Pungli, 2 Oknum Satpol PP Prabumulih Dibekuk Polisi

Lakukan Pungli, 2 Oknum Satpol PP Prabumulih Dibekuk Polisi

Written By Posmetro Prabu on 30/09/15 | 30.9.15

PRABUMULIH, PP - Petugas Polres Prabumulih kembali berhasil menangkap tangan lima pelaku pungli (pungutan liar) para sopir kendaraan truk. Ironisnya lagi, kelimanya belakangan diketahui berstatus mahasiswa sebuah perguruan tinggi swasta di Prabumulih, dan dua diantaranya tercatat sebagai tenaga honorer di Satpol PP Prabumulih dan Kelurahan Gunung Ibul.

Kelimanya diantaranya, Regi Aryanto (20) dan Daisar Arwinson (19) keduanya warga Jalan Sugiwaras, Desa Tanjung Raya, Kecamatan Rambang, Kabupaten Muara Enim, Afriansah  (20) warga Jalan Tenggamus RT 01 RW 05, Kelurahan Muara Dua, Kecamatan Prabumulih Timur, dan Nopri Hafis (23) warga Desa Sugihan, Kecamatan Rambang, serta Hidayat Amin (32) warga Jalan Belibis RT 01 RW 02, Kelurahan Patih Galung, Kecamatan Prabumulih Barat. Keduanya merupakan tenaga honorer di Kantor Kelurahan Gunung Ibul dan Satpol PP Prabumulih. para pelaku ini ditangkap saat sedang melancarkan aksinya di Jalan Jenderal Sudirman tepatnya di depan kantor Camat Cambai, pada Senin (29/9) sekitar pukul 23.00 WIB.

Dari para tangan pelaku, petugas berhasil mengamankan barang bukti berupa uang hasil pungli sebesar Rp 224 ribu terdiri dari uang pecahan ‎lembaran puluhan ribu rupiah, dua potong kayu bulat digunakan untuk menakuti para sopir truk, 5 unit handphone dan 1 buah jam tangan merek Ferari milik kelima pelaku, 1 charger Hp, serta 2 unit sepeda motor jenis Yamaha Mio J dan Honda Revo tanpa plat polisi. Selanjutnya oleh petugas, kelima tersangka berikut barang bukti langsung diamankan di Polres Prabumulih.

Kapolres Prabumulih, AKBP Arief Adiharsa Sik M.TCP didampingi Wakapolres, Kompol FX Irwan Arianto SIk dan Kasatlantas, AKP Ferdinand menyebutkan, kelima tersangka dibekuk karena tertangkap tangan melakukan pemerasan disertai pengancaman terhadap para sopir truk syarat muatan yang melintas di depan kantor Camat Cambai.

"Kelima tersangka ini kita tangkap tangan saat sedang melakukan pemerasan dan pengancaman kepada para sopir truk yang melintas," ‎ujar Kapolres, saat menggelar komperensi pers di halaman Polres Prabumulih Rabu (30/9) siang.

Dikatakan Arief Adiharsa, kelima pelaku ditangkap usai pihaknya mendapat laporan dari para sopir truk. Dalam aksinya para pelaku berbagi tugas dan di komandoi oleh pelaku Hidayat Amin.

"Para pelaku ini tak segan mengancam akan memecahkan kaca mobil truk korban, jika tidak memberikan uang. Satu truk mereka pinta Rp 2 ribu rupiah. Makanya usai mendapat laporan petugas langsung diterjunkan dan berhasil menangkap kelima pelaku," pungkas mantan penyidik di lembaga antirasuah KPK ini.

Masih ditempat yang sama, Wakapolres Kompol FX Irwan Arianto menambahkan, dengan ditangkapnya kelima pelaku pungli tersebut berarti sudah ada 22 tersangka pungli berhasil mereka amankan.

"Selama melaksanakan operasi pemberantasan premanisme dan aksi pungli selama 2 bulan ini kita sudah menangkap sebanyak 22 pelaku dan sebagian berkasnya sudah dilimpahkan ke JPU," timpal Wakapolres.

Sementara itu, ‎pelaku Daisar Arwinson ketika dibincangi koran ini mengaku menyesal dan baru pertama kali melakukan pungli kepada sopir truk. "Baru pertamo kali inilah pak, untuk beli rokok. Aku nyesel nian pak," sebut mahasiswa semester 3 jurusan Fakultas Ekonomi Universitas YPP Prabumulih ini, sembari menundukkan kepalanya, menyesal.

Kelima tersangka ini dikenakan pasal 368 KUHP tentang tindakan pemerasan disertai pengancaman dengan ancaman hukuman maksimal 5 tahun penjara
Share this article :

Posting Komentar

Situs Berita Online POSMETROPRABU.COM. Pertama dan Terbesar di Kota Prabumulih. Terbit sejak Juni 2011

 
Support : Creating Website | Johny Template | Posmetro Cyber Group
Copyright © 2011. Posmetro Prabu - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Jun Manurung
Proudly powered by Posmetro Prabu