Home » , » Dinas Pertanian Kota Prabumulih Awasi Penjualan Hewan Kurban

Dinas Pertanian Kota Prabumulih Awasi Penjualan Hewan Kurban

Written By Posmetro Prabu on 17/09/15 | 17.9.15

PRABUMULIH, PP - Penjualan hewan kurban di Kota Prabumulih tampak mulai ramai menjelang Hari Raya Iduladha. Dengan semakin meningkatnya jumlah pedagang hewan kurban, Dinas Pertanian Kota Prabumulih menghimbau warga agar lebih teliti memilih hewan kurban yang akan dibeli. Tujuannya, agar hewan dan daging kurban yang dikonsumsi tidak hanya halal tapi juga layak. Layak secara umum dan umur, ujar Kepala Dinas Pertanian Kota Prabumulih Drs Syamsurizal.

Untuk menghindari hal-hal yang tidak di inginkan, Dinas Pertanian Kota Prabumulih juga akan terus melakukan pengawasan ketat terhadap kondisi hewan kurban yang dijual di pasaran. Pengawasan dalam bentuk inspeksi mendadak ke penjual ternak dimaksudkan untuk melindungi konsumen dari penjual nakal yang menjual hewan dalam kondisi tidak layak.

Syamsurizal yang ditemui diruang kerjanya kemarin mengungkapkan bahwa sistem pemeriksaan hewan yang akan dilakukan terkait dengan kondisi kesehatan, umur, fisik hewan serta kelengkapan surat jalan dan surat keterangan kesehatan hewan. Selain itu lanjutnya, pihaknya selaku Dinas terkait akan terus memantau lokasi tempat berjualan hewan kurban untuk menghindari adanya penularan bibit penyakit terhadap hewan kurban,

Dikatakan, pihaknya juga telah menurunkan tim bagian peternakan untuk melakukan sosialisasi serta pengambilan data masjid yang akan melakukan pemotongan hewan kurban untuk selanjutnya diambil sampel bagian organ tubuh hewan korban.

"Kami akan melakukan pemeriksaan antemortem. Jika terindikasi mengandung penyakit pada organ tubuh bagian dalam, hewan akan ditarik untuk tidak dibagikan ke masyarakat," terangnya.

Terkait pasokan hewan kurban, Syamsurijal menuturkan jumlah hewan kurban yang dijual para pedagang dari pantauannya di lapangan sudah cukup memenuhi kebutuhan. Diprediksi permintaan akan hewan kurban masih turun mengingat daya beli masyarakat yang rendah.
Share this article :

Posting Komentar

Situs Berita Online POSMETROPRABU.COM. Pertama dan Terbesar di Kota Prabumulih. Terbit sejak Juni 2011

 
Support : Creating Website | Johny Template | Posmetro Cyber Group
Copyright © 2011. Posmetro Prabu - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Jun Manurung
Proudly powered by Posmetro Prabu