Home » , » Bencana Asap, Polres Prabumulih Himbau Pengendara Nyalakan Lampu

Bencana Asap, Polres Prabumulih Himbau Pengendara Nyalakan Lampu

Written By Posmetro Prabu on 08/09/15 | 8.9.15

PRABUMULIH, PP - Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Prabumulih kembali menggelar razia rutin guna menekan angka kecelakaan yang ditimbulkan karena adanya pelanggaran. Berbeda dengan razia-razia sebelumnya, dimana dalam razia kali ini petugas juga melakukan sosialisasi kepada pengguna kendaraan khususnya pengendara roda 2 (motor) untuk mengenakan masker dan menyelakan lampu (light on) mengingat kabut asap yang mulai melanda kota Prabumulih.

“Saat ini kabut asap makin tebal khususnya dipagi hari dan sore hari, hal ini menyebabkan jarak pandang makin berkurang. Kondisi ini dikhawatirkan akan membuat pengendara kecelakaan, untuk itu dalam razia kali ini kita manfaatkan untuk sosialisasi menggunakan masker dan menyelakan light on,” ujar Kapolres Prabumulih AKBP Arief Adiharsa SIK M.TCP melalui Kasat Lantas Polres Prabumulih, AKP Ferdinand, ketika dibincangi di ruang kerjanya, Selasa (08/9).

Dikatakan, sejak beberapa hari terakhir jarak pandang akibat asap di Prabumulih berkisar 20 -50 meter. Oleh karena itu, pihaknya menilai perlu dilakukan sosialisasi agar tidak menyebabkan kecelakaan dan tidak membuat masyarakat menderita penyakit Inspeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA).

“Para pengendara selain kita minta mengenakan masker dan menyalakan lampu, menggunakan helm dan atribut lain agar terhindar dari bahaya kecelakaan dan bisa terlihat oleh pengendara di depannya,” katanya seraya mengatakan antisipasi pencegahan lebih baik dari pada harus menunggu kejadian terlebih dahulu.

Ferdinand menuturkan, kedepan pihaknya akan berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Pemkot Prabumulih dalam melakukan razia, sehingga selain melakukan razia terhadap pengendara juga bisa dilakukan pembagian masker ke pengendara. “Kita akan koordinasi dengan dinkes agar seperti tahun sebelum-sebelumnya dimana kita membagikan masker ke masyarakat secara bersama. Selain itu memang kita akan tetap dan terus melakukan penindakan terhadap pengendara yang tetap nakal,” pungkasnya.

Sementara disinggung mengenai hasil razia, Ferdinand menuturkan, pihaknya berhasil menjaring dua sepeda motor tanpa surat-surat lengkap, menilang 10 STNK dan 2 SIM pengendara yang melakukan pelanggaran. “Untuk R2 kita amankan karena tidak ada surat-surat lengkap, kita khawatirkan kendaraan hasil curian jadi kita angkut. Sementara 12 surat tilang kita keluarkan terhadap pengendara yang tak miliki surat dan atribut lengkap baik R2 maupun R4,” pungkasnya.
Share this article :

Posting Komentar

Situs Berita Online POSMETROPRABU.COM. Pertama dan Terbesar di Kota Prabumulih. Terbit sejak Juni 2011

 
Support : Creating Website | Johny Template | Posmetro Cyber Group
Copyright © 2011. Posmetro Prabu - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Jun Manurung
Proudly powered by Posmetro Prabu