Home » » Bedeng 2 Pintu di Jalan Pandawa Cambai Ludes Terbakar

Bedeng 2 Pintu di Jalan Pandawa Cambai Ludes Terbakar

Written By Posmetro Prabu on 03/09/15 | 3.9.15

PRABUMULIH, PP - Rumah dua pintu milik Mardi warga Jalan Pandawa Kelurahan Cambai Kecamatan Cambai Kota Prabumulih hangus terbakar dilalap si jago merah pagi tadi Kamis (03/09/2015) sekitar Pukul 08.00 wib. Rumah yang ditempati oleh Usman (64) dan Edi Haryanto (42) sempat membuat heboh warga sekitar lantaran takut api merambat ke rumah di sebelahnya.

Dihantui rasa panik, warga mencoba melakukan pemadaman dengan peralatan seadanya. Api kian sulit dipadamkan disebabkan kondisi kemarau yang kesulitan air terlebih angin pagi itu cukup kencang membuat rumah semi permanen itu semakin cepat dilalap si jago merah.

Informasi yang dapat dihimpun, penyebab kebakaran di duga berasal dari sisa-sisa api dari tungku masak dapur milik Usman yang mengontrak rumah tersebut. Berdasarkan keterangan warga sekitar, pagi itu sebelum terjadi kebakaran Yati Asmawati isteri Usman terlihat sedang memasak nasi menggunakan tungku yang berbahan bakar kayu. Setelah usai masak, ia pergi hendak membeli sayur. Sementara suaminya, pagi-pagi sekali sudah berangkat ke tempat kerja.

Diduga bara api yang ditinggal pergi ke pasar oleh tiupan angin kedinding papan dapur rumah korban. Cuaca panas yang membuat papan kayu kering, menjadi lebih mudah terbakar sehingga api dengan cepat membesar dan menghanguskan apa saja yang ada disekelilingnya.

Kobaran api tersebut pertama kali diketahui oleh Maya, tetangga korban. Maya yang sedang menyapu pekarangan rumahnya, curiga dengan asap yang mengepul dari dapur tetangganya tersebut langsung berteriak kebakaran. Mendengar teriakan kebakaran, Asih anak korban yang sedang hamil menjadi panik dan berteriak minta tolong.

Warga yang mendengar teriakan minta tolong langsung berhamburan keluar rumah dan melakukan pertolongan seadanya. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Tetangga korban Edi Haryanto yang kondisinya lumpuh berhasil diselamatkan warga. namun begitu barang-barang milik korban tak satupun yang bisa diselamatkan lantaran kobaran api yang begitu cepat menghanguskan rumah yang terbuat dari papan kayu tersebut.

Tak lama, bedeng dua pintu tersebut sudah rata dengan tanah. Ditambah lagi akses jalan untuk mobil pemadam kebakaran sangat sulit untuk menjangkau lokasi. Semestinya Kobaran api dapat segera teratasi, jika saja jalan masuk menuju rumah korban tak dipasang portal. Mobil PBK milik Pemkot Prabumulih yang tiba, terpaksa berbalik arah dan mencari jalan masuk lain menuju rumah yang terbakar. Namun sayangnya, setiba dilokasi kejadian bedeng papan tersebut sudah rata dengan tanah.

Kapolres Prabumulih, AKBP Arief Adiharsa Sik melalui Kapolsek Cambai, Ipda Firman ketika dikonfirmasi, membenarkan adanya peristiwa kebakaran tersebut. “Diduga penyebab kebakaran berasal dari tungku tempat memasak, namun untuk penyebab pasti kita masih melakukan penyelidikan,” pungkasnya.
Share this article :

Posting Komentar

Situs Berita Online POSMETROPRABU.COM. Pertama dan Terbesar di Kota Prabumulih. Terbit sejak Juni 2011

 
Support : Creating Website | Johny Template | Posmetro Cyber Group
Copyright © 2011. Posmetro Prabu - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Jun Manurung
Proudly powered by Posmetro Prabu