Home » » Warga Apresiasi Kinerja Tim Terpadu Polres Prabumulih

Warga Apresiasi Kinerja Tim Terpadu Polres Prabumulih

Written By Posmetro Prabu on 13/08/15 | 13.8.15

PRABUMULIH, PP - Masyarakat Kota Prabumulih serta Pengguna Jalan Lintas Tengah mengapresiasi langkah Polres Prabumulih bersama tim terpadu dalam penertiban pungutuan liar (Pungli) terhadap truk angkutan Batubara.

Pungli ini menurut sebahagian masyarakat bisa memicu konflik diantara kelompok masyarakat yang kerap mengatasnamakan daerah atau masyarakat saat mereka melakukan aksi pungutan liar terhadap sopir truk Batubara. Jadi kita sebagai masyarakat sangat mengapresiasi langkah-langkah yang dilakukan oleh Polres Prabumulih bersama tim terpadu yang telah menertibkan pungutan liar, ujar tokoh Masyarakat Kota Prabumulih Adi Susanto SE.

Dengan adanya tindakan tegas dari pihak Kepolisian lanjut Anggota DPRD Kota Prabumulih ini, setidaknya mampu mengembalikan nama baik Kota Prabumulih yang sempat rusak oleh aksi pungutan liar sekelompok masyarakat.

Pria yang akrab disapa Santon ini juga sangat mensupport tindakan tegas yang dilakukan tim terpadu Polres Prabumulih. " Ketegasan dari Polri lah yang diharapkan masyarakat agar Kota Prabumulih aman dan nyaman di mata masyarakat luar. Sehingga para investor juga tidak enggan berinvestasi kedepannya" pungkasnya

Langkah tegas Polres Prabumulih ini juga mendapat apresiasi dari masyarakat pengguna jalan Prabumulih - Palembang. Suwandi (43) salah seorang pengemudi roda empat mengaku sedikit lebih cepat dari biasanya jika ingin bepergian dari Lahat ke Palembang. "Ia mas. Belakangan ini gak ada lagi yang pungli di daerah simpang penimur (SP) gak tau kemana. Bagus sih sebenarnya gak ada biar jalanan gak macet. Tapi kalau bisa truknya juga dihentikan lebih bagus" ujar ayah dua anak itu menuturkan.


Hal senada juga disampaikan oleh Tokoh Pemuda Lembak. Bob (30), warga yang tinggal di Kelurahan Lembak Kecamatan Lembak Kabupaten Muara Enim ini juga memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada pihak Polres Prabumulih yang telah berhasil menertibkan aksi pungutan liar di jalanan kota Prabumulih.

"Langkah Polres patut diacungi jempol. Persuasif, himbauan, dan penindakan merupakan langkah yang tepat, karena aktifitas pungli sudah tak terkontrol lagi di sepanjang jalan Kota Prabumulih, terutama ramainya titik-titik pungli berkedok check poin. Langka yang dilakukan setidaknya memberikan kesadaran sehingga segala hal yang menjurus ke kriminalitas lebih parah dapat diminimalisir" ujarnya.

Bob menambahkan, secara pribadi dirinya juga mendukung pihak kepolisian untuk melakukan tindakan tegas bagi pelaku pungli. Berdasarkan informasi yang didapatnya, tidak sedikit para sopir angkutan batubara yang mengeluh lantaran kehabisan uang jalan dipintai oleh pelaku pungli dengan berbagai cara. Bahkan tidak sedikit dari mereka yang pernah menjadi korban kejahatan karna tidak menuruti permintaan pelaku pungli, pungkasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, belasan pengurus LSM di Kota Prabumulih mendapat Panggilan dari Polres Prabumulih Rabu (29/07/2015). Pemanggilan ini dilakukan terkait maraknya pungutan liar (Pungli) ditengah jalan terhadap truk angkutan batubara dan truk kayu yang selama ini meresahkan para pengguna jalan dan sopir angkutan truk batubara dan truk kayu.

Para pengurus LSM dikumpulkan di ruangan Aula Polres Prabumulih untuk pembahasan keamanan dan ketertiban di Kota Prabumulih terkait keresahan warga kota Prabumulih yang mendesak pihak aparat kepolisian untuk menertibkan pungli jalanan di sepanjang jalan Kota Prabumulih.

Wakapolres Prabumulih dalam kesempatan tersebut menghimbau kepada para pengurus LSM yang hadir untuk turut serta menjaga keamanan dan ketertiban umum dan segera merubah mainset atau cara befikir yang lebih baik melakukan kegiatan mencari nafkah tanpa harus merugikan pihak lain. 

Kepada pemilik titik Check Point yang ada di Kota Prabumulih Wakapolres juga memberikan pencerahan hukum terkait aksi pungutan liar terhadap truk batubara adalah merupakan tindakan melanggar hukum. Tidak lupa mantan Kasat Reskrim Polres Oku Timur itu menegaskan agar pemilik Chek Poin di sepanjang Jalan Sudirman untuk segera membubarkan lapaknya jika tidak ingin berurusan dengan hukum. 
Share this article :

Posting Komentar

Situs Berita Online POSMETROPRABU.COM. Pertama dan Terbesar di Kota Prabumulih. Terbit sejak Juni 2011

 
Support : Creating Website | Johny Template | Posmetro Cyber Group
Copyright © 2011. Posmetro Prabu - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Jun Manurung
Proudly powered by Posmetro Prabu