Home » , » Sebanyak 46 Mahasiswa Poltek Unsri Disebar ke 12 Desa Prabumulih

Sebanyak 46 Mahasiswa Poltek Unsri Disebar ke 12 Desa Prabumulih

Written By Posmetro Prabu on 25/08/15 | 25.8.15

PRABUMULIH, PP - Sebanyak 46 Mahasiswa  Politeknik Negeri Sriwijaya (Polsri) siap mengawal penyerapan dana desa di Kota Prabumulih agar pelaporannya sesuai dengan ketentuan. Kedatangan mahasiswa semester akhir jurusan akutansi ini setidaknya diharapkan mampu mencegah aparat pemerintah desa terjerat kasus hukum lantaran kesalahan administrasi pengelolaan keuangan.

Demikian harapan yang disampaikan oleh Wakil Walikota Prabumulih Andriansyah Fikri SH saat menyambut kedatangan 46 mahasiswa dari Politeknik Negeri Sriwijaya di ruang rapat lantai I Sekretariat Daerah Kota Prabumulih Siang tadi Selasa (25/08/2015)

Nantinya para mahasiswa yang sedang menjalani Praktek Kerja Lapangan (PKL) ini akan di sebar di 12 Desa yang ada di Prabumulih untuk membantu perangkat desa membuat laporan keuangan.

Wakil Walikota dalam kesempatan tersebut memberikan pesan kepada mahasiswa agar bisa berbaur dengan masyarakat desa dan menerapkan ilmu yang didapat selama belajar di kampusnya kepada masyarakat. Khususnya mengenai pengelolaan anggaran.

“Kami selaku pemerintah sangat berharap mahasiswa bisa memberikan pembaharuan dan pemahaman yang baik kepada masyarakat desa dalam hal pengelolaan anggaran,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Kelurahan, Drs Aris Priadi MSi mengatakan kedatangan sejumlah mahasiswa tersebut selain untuk membantu mahasiswa menyelesaikan salah satu syarat menamatkan studi, juga untuk membantu perangkat desa membuat laporan keuangan.

“Saat ini, anggaran dana desa sudah mulai dikucurkan. Dalam pengelolaannya, perangkat desa wajib memberikan pertanggung jawaban berupa laporan keuangan penggunaan anggaran. Kebetulan mahasiswa jurusan akuntansi ini kan memiliki dasar ilmu yang cukup sehingga dapat diaplikasikan kepada perangkat desa,” ujar Aris.

Ditempat terpisah, Kepala Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) Kota Prabumulih Juhar Fahri SE AK kepada Posmetro Prabu mengungkapkan bahwa pihaknya juga sangat menyambut baik Mahasiswa Poltek Unsri mengambil temapt di Prabumulih dalam melaksanakan PKL.

Dikatakan, para perangkat desa perlu didampingi dan diberikan pemahaman tentang pelaporan keuangan berbasis akrual yang belum begitu dikenal di pemerintahan tingkat desa meski mulai efektif dijalankan pada 2015. Dengan adanya PKL Mahasiswa Poltek Unsri Jurusan Administrasi ini setidaknya bisa mencegah jangan sampai ada kepala desa masuk penjara gara-gara ketidaktahuan sistem pengelolaan anggaran desa, ujar Jauhar Fahri.

Namun demikian lanjutnya persolan diatas tidak akan terjadi jika laporan pertanggung jawaban keuangan yang dibuat perangkat desa mampu mengikuti standar yang ditentukan tanpa adanya manipulasi. Selain itu anggaran yang disusun harus sepenuhnya menggambarkan kebutuhan yang diperlukan oleh desa.

"Dengan kehadiran mahasiswa di tengah masyarakat desa diharapakan bisa memberikan penjelasan mengenai system akuntansi sederhana dan tidak rumit yang dapat diaplikasikan oleh perangkat desa dalam menyusun laporan keuangan desa" tandasnya.
Share this article :

+ komentar + 1 komentar

Posting Komentar

Situs Berita Online POSMETROPRABU.COM. Pertama dan Terbesar di Kota Prabumulih. Terbit sejak Juni 2011

 
Support : Creating Website | Johny Template | Posmetro Cyber Group
Copyright © 2011. Posmetro Prabu - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Jun Manurung
Proudly powered by Posmetro Prabu