Home » , » Penjabat Bupati Pali Sambut Ratusan Umat Hindu Pali Gelar Prosesi Ibadah

Penjabat Bupati Pali Sambut Ratusan Umat Hindu Pali Gelar Prosesi Ibadah

Written By Posmetro Prabu on 03/08/15 | 3.8.15

PALI, PP - Ratusan umat Hindu Bali kemarin (3/8), melakukan rangkaian kegiatan peribadatan di Candi Bumi Ayu yang  terletak di Desa Bumi Ayu Kecamatan Tanah Abang Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI). Hadir dalam acara tersebut Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, Adi Siwaraja, Penjabat Bupati PALI, Drs H Apriyadi M Si, para pendeta dari luar daerah serta ribuan masyarakat. 

Dalam sambutannya, Anggota DPD RI, Adi Siwaraja mengatakan perayaan atau lebih dikenal masyarakat sebagai sedekah dusun di candi tersebut merupakan bentuk penghormatan kepada para leluhur kerajaan Sriwijaya. "Ini bentuk penghormatan umat Hindu Bali kepada leluhur yang pernah beraktifitas di Candi," ujarnya. 

Adi mengatakan candi Bumi Ayu yang merupakan peninggalan leluhur harus dijaga sebaik mungkin. Pemerintah kabupaten maupun provinsi, bisa memanfaatkannya dengan mengubah wajah komplek percandian tersebut menjadi tempat pariwisata yang nantinya bisa menguntungkan masyarakat sekitar. 

"Candi ini merupakan tempat bersejarah dan menjadi tonggak kebesaran kerajaan Sriwijaya di masa lampau. Dimana toleransi umat beragama yang menjadi ciri khas bangsa Indonesia sudah ditunjukkan melalui pembangunan tempat ibadah bagi kaum yang dulunya menjadi minoritas," katanya. 

Penjabat Bupati PALI, Drs H Apriyadi M SI mengatakan pembangunan serta perbaikan fasilitas yang ada di Candi Bumi Ayu sebenarnya telah masuk dalam agenda pemerintah kabupaten. "Ke depan kami akan berupaya maksimal untuk menjaga peninggalan sejarah ini," tuturnya. 

Mantan Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kadisnakertrans) Provinsi Sumsel ini juga berharap umat Hindu Bali bisa beribadat dengan tenang. "Kami berharap umat Hindu Bali bisa menjalankan prosesi serta rangkaian ibadah lainnya dengan lancar," pungkasnya. (adv/pp/pd)
Share this article :

Posting Komentar

Situs Berita Online POSMETROPRABU.COM. Pertama dan Terbesar di Kota Prabumulih. Terbit sejak Juni 2011

 
Support : Creating Website | Johny Template | Posmetro Cyber Group
Copyright © 2011. Posmetro Prabu - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Jun Manurung
Proudly powered by Posmetro Prabu