Home » , » Dishub Prabumulih Segera Berlakukan KTL di Jalan Sudirman

Dishub Prabumulih Segera Berlakukan KTL di Jalan Sudirman

Written By Posmetro Prabu on 04/08/15 | 4.8.15

PRABUMULIH, PP - Bagi anda warga Kota Prabumulih setidaknya perlu mengetahui rencana pemerintah Kota Prabumulih dalam waktu dekat ini. Tidak lama lagi, Jalan jenderal sudirman akan diberlakukan sebagai kawasan tertib lalulintas (KTL)

Padatnya arus lalu lintas di beberapa ruas jalan Jendral Sudirman serta seringnya terjadi kemacetan menjadi keseriusan pemerintah kota dalam merevitalisasi dan melakukan optimalisasi kawasan tertib lalu lintas. 

Dalam waktu dekat ini, Pemerintah kota Prabumulih melalui Dinas Perhubungan Kota Prabumulih segera memberlakukan jalan Sudirman sebagai KTL, ujar Kepala Dinas Perhubungan dan Kominfo Kota Prabumulih Syarifudin AK saat ditemui di ruang kerjanya Terminal Type B Jalan Lingkar Selasa (04/08/2015)

KTL Jalan jenderal Sudirman kata Kadishub akan menjadi prioritas dalam rapat Forum Lalulintas yang akan digelar dua minggu kedepan. Selain itu juga ada beberapa hal lain yang menjadi topik pembahasan dalam rapat tersebut.

"Ada tiga program utama yang segera dan menjadi prioritas yang akan dibahas dalam Forum itu nantinya. Salahsatunya, pemberlakuan KTL Jalan Sudirman, lalu yang kedua yakni mengaktifkan kembali fungsi terminal dan yang terakhir adalah pendirian posko tim terpadu gagasan polres Prabumulih yang bekerjasama dengan beberapa Instansi pemerintah Daerah untuk menegakkan peraturan Daerah tentang jadwal melintas truk angkutan batubara" ujar Syarifuddin.

Dikatakan, penerapan KTL di Jalan Sudirman dilakukan mulai dari simpang tugu Kuda Padat Karya hingga pasar Kota Prabumulih. Dan untuk mensukseskan program ini pihaknya juga telah mempersiapkan trafic light (lampu merah) di persimpangan tugu kuda padat karya.

Sementara untuk U Turn (pemutaran) di sepanjang KTL dalam waktu dekat ini akan segera dikaji. Artinya apakah pemutaran yang ada sejauh ini akan di tutup atau dirubah masih dalam tahap kajian. Dan kemungkinan besarnya lanjut mantan pegawai penerangan Dishub Kominfo Propinsi Sumsel di persimpangan tugu kecil (Gor Harmonis) akan diberlakukan pintu keluar saja. Artinya jika pengguna jalan ingin menuju jalan bukit lebar harus melalui jalan simpang Kantor Sintap Kota Prabumulih.

"Intinya soal kawasan pemutara di sepanjang rencana KTL masih dalam tahap kajian dan dalam watu dekat ini kemungkinan solusinya sudah ada. Termasuk juga penertiban parkir liar dan pembenahan sistem parkir di Pasar PTM Kota Prabumulih. Hal ini sangat penting dimana sejauh ini sistem parkir adalah penyumbang terbesar kemacetan di kota Prabumulih" ungkapnya.

Sementara itu, Kapolres Prabumulih AKBP Arief Adiharsa SIK yang dikonfirmasi posmetro Prabu melalui Waka Polres Prabumulih Kompol FX Irwan Arianto SIK menyambut baik rencana tersebut. Menurut Wakapolres, awalnya rencana tersebut sudah pernah dibahas bersama Polres Prabumulih bersama stake Holder lainnya di ruang rapat Polres Prabumulih dan menghasilkan forum tim terpadu yang terdiri dari beberapa Instansi Pemerintah.

"Pemberlakuan KTL di Jalan Sudirman tujuannya tidak lain untuk meningkatkan Keamanan Selalu Tertib dan Lancar (Kamseltibcar) berlalu lintas, meningkatkan kesadaran masyarakat, mengurangi kecelakaan lalu lintas, serta menciptakan kesan rapi, nyaman, dan aman di jalan raya" ujar Wakapolres

Dikatakan, selain tiga hal yang dimaksud oleh Dinas Perhubungan juga masih banyak hal-hal yang ingin diwujudkan di Kota Prabumulih seiring peningkatan Dinamika di tengah masyarakat. Dari Polres Prabumulih sendiri sudah terbentuk tim terpadu yang bertujuan untuk meningkatkan keamanan dan ketertiban di Kota Prabumulih.

"Dengan ini kita juga berharap kerjasama seluruh elemen masyarakat untuk dapat bersama-sama menjaga dan mewujudkan keamanan di Kota Prabumulih" tegasnya. (pp/jun) 

Share this article :

Posting Komentar

Situs Berita Online POSMETROPRABU.COM. Pertama dan Terbesar di Kota Prabumulih. Terbit sejak Juni 2011

 
Support : Creating Website | Johny Template | Posmetro Cyber Group
Copyright © 2011. Posmetro Prabu - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Jun Manurung
Proudly powered by Posmetro Prabu