Home » » 2016 Tiap Kelurahan di Prabumulih Miliki Pasar. PTM Siap-Siap Sepi Pengunjung

2016 Tiap Kelurahan di Prabumulih Miliki Pasar. PTM Siap-Siap Sepi Pengunjung

Written By Posmetro Prabu on 25/08/15 | 25.8.15

PRABUMULIH, PP - Seluruh Kelurahan yang tersebar di Kota Prabumulih pada tahun 2016 bakal miliki pasar sendiri-sendiri. Nah kok bisa? Trus bagaimana dengan pasar yang ada sekarang, siap-siap sepi dong.

Menurut Pemerintah Kota Prabumulih yang dikonfirmasi melalui Dinas Perdagangan dan Koperasi mengungkapkan bahwa tujuan pendirian pasar di tiap Kelurahan tersebut tidak lain dan tudak bukan untuk mendongkrak perekonomian di tibgkat desa sekaligus untuk memudahkan transaksi perdagangan di daerah terpencil.

Program satu kelurahan satu pasar ini akan diwujudkan dalam waktu dekat. Namun untuk Tahun 2016 mengingat dana yang ada hanya mampu mendirikan 3 Pasar untuk sementara. Sisanya akan menyusul pada anggaran berikutnya, ujar Kadis Perindagkop Kota Prabumulih Junaidah SE MM Selasa (25/08/2015).

pembangunan 3 buah pasar tersebut akan memamfaatkan bantuan dana dari Kementerian Perdagangan (Kemendag) RI yang berasal dari dana APBN, “Pasar dibangun dengan dana APBN lewat Kemendag RI, soal besarannya kita belum mengetahuinya namun yang pastinya bantuan tersebut dimamfaatkan untuk pembangunan 3 buah pasar,”Ungkapnya.

Lokasi pasar yang dimaksud yang akan segera dibangun ditempatkan di Pangkul, Muara Sungai dan di belakang Pasar PTM. Dilokasi ini (lokasi belakang pasar PTM - red) dimanfaatkan untuk menampung pedagang pasar yang tidak mendapatkan lapak di PTM. Artinya pemerintah dalam waktu dekat akan membangun lagi pasar di belakang pasar PTM.

Jadi ditahun berikutnya dipastikan tiap kelurahan yang tersebar di Kota Prabumulih sudah memiliki pasar sendiri-sendiri. Dengan adanya pasar tersebut diharapkan perekonomian tingkat desa dapat terdongkrak dengan sendirinya, terang Junaidah.

Menanggapi rencana Pemerintah yang bakal mendirikan Pasar di tiap desa dan Kelurahan di Kota Prabumulih, Eka Prasetya SE yang dikonfirmasi terpisah menanggapi secara dingin. Menurutnya upaya pemerintah mendirikan Pasar disetiap kelurahan bukan solusi yang tepat untuk meningkatkan perekonomian masyarakat pedesaan. Terlebih lanjutnya kondisi ekonomi yang saat ini sedang lesu.

Jika pun Pemerintah bermaksud mengangkat perekonomian masyarakat masih banyak cara lain yang lebih menyentuh ketimbang mendirikan pasar disetiap kelurahan, ujar Eka Prasetya. Dikatakan, pembangunan Pasar di Kelurahan hanya akan membuang anggaran karna bangunan bisa dipastikan terbengkalai. Kalaupun Pemerintah berniat lebih tepat jika pasar ditempatkan disetiap kecamatan. Misalnya, Pasar Cambai, Pasar RKT, Pasar Utara dan Lainnya.

Harapan kita kiranya Pemerintah lebih mengkaji dulu langkah yang harus ditempuh. Jika hanya mengandalkan masyarakat Kelurahan saja yang berbelanja dipasar menurutnya tidak akan maju. Efek lainnya pasar induk seperti PTM akan sepi, jadi harus di kaji dulu dengan matang agar penggunaan anggaran tidak salah sasaran, tegasnya.
Share this article :

+ komentar + 3 komentar

Posting Komentar

Situs Berita Online POSMETROPRABU.COM. Pertama dan Terbesar di Kota Prabumulih. Terbit sejak Juni 2011

 
Support : Creating Website | Johny Template | Posmetro Cyber Group
Copyright © 2011. Posmetro Prabu - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Jun Manurung
Proudly powered by Posmetro Prabu