HEADLINE NEWS

Pembayaran PKB di Samsat Prabumulih Meningkat

PRABUMULIH, PP - Pembayaran pajak kenderaan bermotor (PKB) baik roda dua maupun roda empat di kantor Samsat Kota Prabumulih memasuki lebaran 1436 H (pekan ke dua ramadhan-red) tampak mengalami peningkatan dari biasanya.  Pengingkatan jumlah wajib pajak (WP) yang mendatangi kantor Samsat Kota Prabumulih rata-rata mencapai 500 WP untuk membayarkan pajak kenderaanya.

Berbeda dari hari biasanya yang hanya berkisar 100 hingga 150 WP saja yang membayar pajak. Sedangkan saat pekan ke tiga ramadhan jumlahnya meningkat hingga mencapai 500 WP.

Demikian disampaikan oleh Kepala UPTD Samsat Prabumulih, H Nazaruddin SH melalui Kasubbag Tata Usaha, Donny Andrivan SH MH saat disambangi wartawan di ruang kerjanya Kamis (23/07/2014).

Dikatakan, penyebab peningkatan pembayaran PKB menurut Donny dimungkinkan karena WP berupaya menghindari urusan seusai Lebaran. Pajak yang seharusnya dibayarkan bulan September langsung dibayarkan bulan Juli. Atau bisa jadi ada peningkatan penghasilan di bulan puasa ini ditambah pencairan gaji ke 13 dan THR membuat para WP segera membayarkan pajak kenderaan, paparnya.

Selain itu lanjutnya, peningkatan jumlah pembayaran PKB di samsat Prabumulih juga untuk menghindari denda akibat terlambat membayar PKB. Jatuh tempo pembayaran PKB yang jatuh pada tanggal 16 - 21 Juli atau selama masa libur Lebaran, dapat dibayar pada tanggal 22 Juli. "Jika lewat dari tanggal itu maka akan dikenakan denda. Besarannya 25 persen dari PKB. Sementara jika lewat selama satu bulan, maka dendanya sebesar 2 persen dari PKB per bulannya," tandasnya.


Previous
« Prev Post
Show comments
Hide comments

Situs Berita Online POSMETROPRABU.COM. Pertama dan Terbesar di Kota Prabumulih. Terbit sejak Juni 2011