Home » , » Kacabjari Pali Jebloskan Kadisnakertrans ke Penjara

Kacabjari Pali Jebloskan Kadisnakertrans ke Penjara

Written By Posmetro Prabu on 29/07/15 | 29.7.15

PALI, PP - Setelah melakukan penetapan sebagai tersangka 10 April 2015 yang lalu akhirnya Kejaksaan Negeri Cabang Pendopo melakukan penahan kepada Mantan Kepala Disdikbudpora Drs M Amin MM, terhadap Penyidikan tindak pidana korupsi Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kadisnakertrans), Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) M Amin, resmi ditahan Kepala Cabang Kejaksaan Negeri Muaraenim, di Pendopo, Kabupaten PALI, mulai pukul 12.00 (28/7).

Dia ditahan dan ditetapkan sebagai tersangka  atas dugaan kasus tindak pidana korupsi saat menjabat kepala Dinas Pendidikan, Kebudayaan pemuda dan Olahraga (Disdikbudpora) Kabupaten PALI tahun 2014 lalu.

Hal itu diungkapkan Kacabjari Muaraenim di Pendopo, Arif ‎Syafriyanto, SH MH saat mengelar jumpa pers bersama awak media, Selasa siang (28/7), usai memeriksa M Amin selama 4 jam

"Pak Amin kami periksa mulai pukul 09.00 sampai pukul 12.00 (28/7),  selanjutnya  kami tahan  dan   dititipkan rumah tahanan atau lembaga pemasyarakatan Muaraenim selama 20 hari kedepan,"

Dikatakan Arif, pihaknya sudah menetapkan M Amin, sebagai tersangka pada 10 April 2015 lalu, setelah  lebih dari 10 orang  meminta keterangan s‎aksi.

"Tiga kegiatan di Disdikbudpora menggunakan APBD tahun 2014, ‎yang merugikan uang negara sebanyak Rp 240 juta, tiga kegiatan di Disdikbudpora, diantara kegiatan Paskibraka, anggaran ujian nasional, dan sertifikasi profesi guru," katanya.

Lanjut Arif, Amin dijerat undang-undang tindak pidana korupsi Pasal 2 ayat 1, pasal 3, pasal 3 UU RI nomor 31 tahun 1999 tentang pemberantasan tindakan korupsi dan sebagaimana di rubah dan di sempurnakan UU nomor 20 tahun 2001 tentang pemberantasan korupsi.

"Kita jerat UU tentang pemberantasan korupsi dengan ancaman 20 tahun penjara paling lama dan 4 tahuan paling rendah," jelasnya

Disinggung apakah ada kemungkinan TSK lain yang bakal menyusul, Arif menjelaskan bahwa kasus tersebut masih dalam tahap pengembangan dan tidak menutup kemungkinan ada tersangka baru.

 "sementara waktu kasus ini baru Amin sendiri yang sudah kita jadikan tersangka dan lakukan penahanan, masalah ada orang lain kita masih lakukan pengembangan dan peyelidikan apakah ada orang lain atau tidak" pungkas Ariif

Sementara, Kuasa Hukum Drs M Amin yang menangani perkaranya, Muhamad Fadli SH di kantor Kacabjari Pendopo mengatakan, bahwa dirinya akan berkomunikasi terlebihdahulu dengan klienya itu. "Kita belum ada komfirmasi dari beliau. Yang jelas kita akan mengikuti proses hukum yg sedang berjalan," singkatnya. (M2n)Teks Foto : Drs M Amin MM (baju putih berkacamata) saat dibawa ke Rutan Muara Enim(Maman)
Share this article :

Posting Komentar

Situs Berita Online POSMETROPRABU.COM. Pertama dan Terbesar di Kota Prabumulih. Terbit sejak Juni 2011

 
Support : Creating Website | Johny Template | Posmetro Cyber Group
Copyright © 2011. Posmetro Prabu - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Jun Manurung
Proudly powered by Posmetro Prabu