Home » » Empat Pelaku Pungli Batubara Prabumulih Dijebloskan ke Sel Tahanan

Empat Pelaku Pungli Batubara Prabumulih Dijebloskan ke Sel Tahanan

Written By Posmetro Prabu on 31/07/15 | 31.7.15

PRABUMULIH, PP - Setelah sebelumnya pihak Polres Prabumulih menggelar sosialisasi dan pembinaan terhadap para pelaku pungutan liar terhadap truk angkutan batubara yang melintas di Kota Prabumulih maka, untuk kali ini Semalam Kamis (30/07/2015) sekitar pukul 22.00 tim terpadu mulai menertibkan para pelaku pungli.

Malam itu, dari operasi yang digelar tim terpadu berhasil mengaamankan empat orang pria pelaku pungli dengan modus chek point di tiga tempat berbeda. Dua orang diantaranya di amankan di depan BLK Disnakertrans Kota Prabumulih, Satu orang di tangkap di pertigaan Batu Raja Dusun Prabumulih dan satu orang diamankan di Jalan Dusun Prabumulih Kecamatan Prabumulih Barat Kota Prabumulih.

Adapun ke empatnya adalah Tuta Herianto (23) warga kelurahan mangga besar, Dari tangannya juga turut diamankan senjata tajam jenis pisau. Sapri (32) warga jalan angkatan 45 Gunug Ibul Prabumulih Timur dan darinya juga trut diamankan senjata tajam jenis piasu yang terbuat dari kuningan. Amri alias Ari (39) warga dusun prabumulih. Pria ini diamankan berikut barang bukti hasil pungutan liar sebesar 15 ribu rupiah. Sementara satunya adalah Hendry Apriyadi (46) warga kebun duren dan darinya turut diamankan barang bukti hasil pungli berupa uang pecahan Rp 5 ribu.

Begitu keempatnya berhasil ditangkap, pihak Polres Prabumulih bekerjsama dengan Polsek Prabumulih Timur langsung menjebloskannya ke dalam sel tahanan sementara Polsek Prabumulih Timurguna pemeriksaan dan penyidikan lebih lanjut.

Kapolres Prabumulih AKBP Arief Adiharsa SIK yang dikonfirmasi posmetroprabu.com melalui Waka Polres Prabumulih Kompol FX Irwan Arianto SIK membenarkan penangkapan tersebut. Menurut Waka Polres, kegiatan penertiban ini adalah bentuk lanjutan dari sosialisasi dan pembinaan yang sebelumnya telah dilaksanakan dan di ikuti oleh mereka yang tertangkap.

"Benar bahwa Polres Prabumulih berdasarkan giat yang dilakukan Kamis Malam tadi berhasil mengamankan 4 orang pelaku pungli berikut barang bukti berupa 2 senjata tajam jenis pisau dan uang tunai sebanyak Rp 25 ribu rupiah yang diduga hasil pungutan liar yang dilakukan terhadap sopir truk angkutan batu bara dengan modus chek poin" ujar FX Irwan Arianto.

Dikatakan, penertiban ini dilakukan bentuk dari tindaklanjut sosialisasi dan pertemuan yang digelar di Polres Prabumulih dan dihadiri para pemilik chek poin, Polres Prabumulih, Dinas Perhubungan, Satpol PP dan Kesbanglinmas Kota Prabumulih. Dalam pertemuan tersebut Polres telah berupaya menjelaskan sedetil mungkin bahwa pungutan liar adalah pelanggaran hukum. Selain itu Polres juga telah menghimbau kepada pemilik chek Poin untuk segera membubarkan lapak chek poinnya bila tidak ingin berurusan dengan hukum, ungkap mantan Kasat Narkoba Polresta Palembang ini saat ditemui diruang kerjanya siang tadi.

Keempat pelaku bakal ditindak tegas terutam bagi pelaku yang tertangkap tangan membawa senjata tajam akan dikenakan pasal Pasal 2 ayat 1 UU Darurat Nomor 12 Tahun 1951 dengan ancaman kurungan penjara selama sepuluh tahun, tegasnya.
Share this article :

Posting Komentar

Situs Berita Online POSMETROPRABU.COM. Pertama dan Terbesar di Kota Prabumulih. Terbit sejak Juni 2011

 
Support : Creating Website | Johny Template | Posmetro Cyber Group
Copyright © 2011. Posmetro Prabu - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Jun Manurung
Proudly powered by Posmetro Prabu