Home » » Tak Dapat THR? Lapor ke Disnaker Prabumulih

Tak Dapat THR? Lapor ke Disnaker Prabumulih

Written By Posmetro Prabu on 23/06/15 | 23.6.15

PRABUMULIH, PP - Kata THR (Tunjangan Hari Raya) tentu sudah sangat tidak asing lagi oleh kita yang bekerja kepada negara maupun swasta. Kata tersebut juga tidak asing pula bagi masyarakat non buruh/pekerja, misalnya para pelajar, petani dan profesi lainnya. THR atau yang juga disebut sebagai gaji ketiga belas adalah sesuatu yang wajib diberikan oleh pengusaha atau lembaga berbadan hukum lainnya yang mempekerjakan orang sebagai buruh baik swata maupun milik negara.

THR ini pula telah diatur oleh Peraturan Menteri Tenaga Kerja RI NO PER-04/MEN/1994 Tahun 1994 Tentang Tunjangan Hari Raya Keagamaan. Dalam Permen tersebut,jelas-jelas dalam pasal 1 poin (d) mengatakan bahwa "Tunjangan Hari Raya Keagamaan yang selanjutnya disebut THR, adalah pendapatan pekerja yang wajib dibayarkan oleh Pengusaha kepada pekerja atau keluarganya menjelang Hari Raya Keagamaan yang berupa uang atau bentuk lain." 

Ini berarti sebagai seorang buruh yang bekerja di perusahaan atau lembaga berbadan hukum lainnya berhak atas THR. Apabila seorang buruh tidak mendapatkan THR, berarti haknya telah di rampas.

Khusus di Kota Prabumulih sendiri, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kota Prabumulih telah menghimbaun agar sejumlah Perusahaan yang ada dikota Prabumulih memberikan Tunjangan Hari Raya (THR) untuk para pegawainya. Himbauan ini menindaklanjuti surat edaran Menteri Tenaga Kerja agar setiap perusahaan memberikan THR kepada pekerja dan karyawan.

Kepala Disnakertrans Kota Prabumulih, H Zulkifli S melalui Kabid Pengawasan Tenaga Kerja, Hj Nurhasana menuturkan jika pihaknya dalam waktu dekat akan memberikan surat edaran terkait kebijakan tersebut kepada sejumlah perusahaan yang ada dikota Prabumulih.

Nurhasana menegaskan, pemberian THR untuk para pekerja dan karyawan tersebut dilakukan minimal dua minggu sebelum lebaran atau H-14 lebaran dan THR yang harus diberikan kepada pegawai tersebut, bersifat gaji pokok, ujarnya seraya menambahkan bahwa pekerja penerima THR syaratnya minimal telah bekerja selama tiga bulan.

Nah makmano kalu perusahaan dak galak bayar THR pegawainya? Disnaker menghimbau agar pekerja diperusahaan tersebut melaporkannya ke Disnaker Prabumulih.

"Idak dibayar kita panggil perusahaannyo, Disnaker siap menjembatani. Kalu mediasi masih gagal, kita giring ke kepengadilan, tegas Nurhasanah.
Share this article :

Posting Komentar

Situs Berita Online POSMETROPRABU.COM. Pertama dan Terbesar di Kota Prabumulih. Terbit sejak Juni 2011

 
Support : Creating Website | Johny Template | Posmetro Cyber Group
Copyright © 2011. Posmetro Prabu - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Jun Manurung
Proudly powered by Posmetro Prabu