Home » » PSB di SDN 01 Prabumulih Berbau Pungli, Orang Tua Siswa Ancam Bawa ke Ranah Hukum

PSB di SDN 01 Prabumulih Berbau Pungli, Orang Tua Siswa Ancam Bawa ke Ranah Hukum

Written By Posmetro Prabu on 09/06/15 | 9.6.15

PRABUMULIH, PP - Mediana Zahra Ar Rizky (6) terpaksa harus menghentikan niatnya untuk bersekolah di SDN 01 Prabumulih yang kerap diimpikannya itu karena ditolak oleh panitia penerimaan siswa baru (PSB) dengan alasan tidak cukup umur. Padahal bocah cerdas ini dari segi pengetahuan, sangat layak untuk belajar di sekolah favorit tersebut. Ia juga telah memiliki ijazah TK dan sudah bisa baca tulis serta menguasai sedikit pelajaran matematika.

Selain itu, Zahra juga memiliki bakat seni yang tinggi. Ia mampu menari dan bernyanyi. Bahkan berkat kelebihan yang dimiliki Zahra ini jugalah yang mendorong orang tua Zahra yakni Reza Prabudi berniat untuk menyekolahkan anaknya di sekolah milik Pemerintah yang terletak di Jalan Jenderal Sudirman ini.

Namun karna tidak bisa memenuhi "Syarat Lain" ke pihak sekolah, Zahra akhirnya harus rela mengubur impiannya itu dalam-dalam untuk melanjutkan pendidikannya di sekolah yang dekat gedung DPRD Prabumulih itu.

Ditolak dengan alasan yang tidak masuk akal, Orang tua Zahra pun menuding ada yang tidak beres dengan panitia penerimaan siswa baru di SDN 001 Kota Prabumulih. Pasalnya kata Reza, seluruh prosedur persyaratan yang diwajibkan telah dipenuhinya saat mendaftarkan Zahra.

Dikatakan, pihak panitia PSB menolak anaknya masuk ke SDN 001 karna tidak cukup umur sungguh tidak masuk akal.

"Okelah secara kalender pendidikan, itu kita maklumi (kelahiran Zahra 14 November 2009-red). Artinya Zahra kurang beberapa bulan saja agar genap berusia 6 Tahun. Hanya saja yang bikin kita kecewa, pihak panitia tidak jujur dalam menjalankan tugasnya" ujar Reza.

Sebab kata dia, dari sekian banyak siswa yang dinyatakan lulus seleksi oleh Panitia, terdapat beberapa diantaranya juga memiliki umur sama dengan anaknya. Bahkan ada anak yang umurnya masih dibawah Zahra namun tetap dinyatakan lulus seleksi oleh panitia. Anak tersebut adalah ANTP (nama di inisialkan). Berdasarkan akte kelahiran yang dikeluarkan oleh Dinas Kependudukan, ANTP lahir pada tanggal 27 November 2009 malah diluluskan oleh pihak panitia. 

Jika ingin menegakkan aturan, kita sebagai orang tua merasa tidak masalah dan legowo menerima keputusan tersebut. Namun jika persoalannya seperti ini (diperlakukan tidak adil) kita siap mencari keadilan hingga ke meja hijau sekalipun, tegasnya.

Pada proses PSB di SDN 001, Reza mencatat ada beberapa point yang menurutnya sarat dengan kepentingan. Yang pertama misalnya waktu pengumuman tes yang diulur-ulur. Yang kedua adalah data pengumuman dengan nomor pendaftaran diacak dan kejelasan data tempat tanggal lahir tidak dilampirkan.

Menurutnya, Hal ini telah Melanggar UU SISDIKNAS NO.20 Thn 2013 Pasal 34 ayat 1 tentang batas umur masuk SDN adalah 6 tahun. Di media terbitan lokal lanjut Reza, Kepala Sekolah SDN 001 menyatakan ada petunjuk pelaksanaan (Juklak) dan petunjuk teknis (Juknis) yang mengatur umur 5,8 Tahun baru bisa masuk SD.

"Saya mau tanya apakah benar ada Juklak dan Juknis yang mengatur bahwa anak yang diterima di SDN adalah umur 5,8 Tahun. Menurut saya ini adalah aturan yang dibuat-buat oleh pihak sekolah untuk memancing orang tua siswa mengeluarkan sejumlah uang agar anaknya dapat diterima pada sekolah tersebut. Dengan ini kita mengharapkan pemerintah Kota Prabumulih untuk dapat melakukan tindakan kepada pihak sekolah yang berlaku tidak adil dalam penerimaan PSB. Hal ini demi menjaga kualitas pendidikan dimasa yang akan datang" pungkasnya.

Kepala Dinas Pendidikan Nasional Kota Prabumulih HM Rasyid S.Ag yang dikonfirmasi terpisah membantah ada kecurangan dan jual beli kursi pada penerimaan siswa di SDN 001 Prabumulih. Selain membantah Rasyid juga mengungkapkan bahwa penerimaan siswa merupakan kebijakan dari sekolah masing masing. Sejauh ini lanjut Rasyid, pihaknya telah mengirimkan aturan-aturan sebagai acuan pelaksannaan PSB di setiap sekolah, pungkasnya.
Share this article :

Posting Komentar

Situs Berita Online POSMETROPRABU.COM. Pertama dan Terbesar di Kota Prabumulih. Terbit sejak Juni 2011

 
Support : Creating Website | Johny Template | Posmetro Cyber Group
Copyright © 2011. Posmetro Prabu - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Jun Manurung
Proudly powered by Posmetro Prabu