Home » , » Proyek Double Track Mulai Mendekat. Ratusan Rumah Warga Prabumulih Terancam Digusur

Proyek Double Track Mulai Mendekat. Ratusan Rumah Warga Prabumulih Terancam Digusur

Written By Posmetro Prabu on 24/06/15 | 24.6.15

PRABUMULIH, PP - Proyek pembangunan jalur ganda rel kereta api Indonesia (KAI) kini mulai memasuki kawasan pemukiman padat penduduk di Kota Prabumulih. Setidaknya untuk memuluskan proyek tersebut, rumah penduduk yang berdekatan dengan rel terpaksa mengalami penggusuran. Pasalnya, luas lahan yang dibutuhkan jalur ganda ini mencapai 23 meter dari as rel.

Bagi rumah yang berada sebelah kiri arah palembang, dipastikan bakal terkena penggusuran. Sebab lahan yang dibutuhkan untuk pembangunan jalur ganda ini berada pada jalur kiri sepanjang 23 meter dari as rel arah Palembang.

Pantauan posmetroprabu.com, ratusan rumah milik warga prabumulih yang tegak berdiri di pinggiran rel dipastikan terancam digusur terlebih dengan luas lahan yang dibutuhkan untuk kepentingan proyek ini mencapai 23 meter. Beberapa warga mengaku sudah mendapatkan informasi bakal adanya penggusuran jauh hari sebelumnya. Dan diantara warga juga menyadari penuh bahwa mereka tinggal diatas lahan milik PT KAI.

Kendati beberapa warga yang tinggal mengaku sudah siap digusur, Namun tidak sedikit pula diantaranya yang masih belum siap dengan rencana penggusuran. Pasalnya, diantara warga yang tinggal di pinggiran rel tidak sempat terdata oleh tim survey PT KAI. Sebut saja Irwan (43) warga Sukajadi. Ia mengaku baru tinggal dikawasan tersebut sekitar kurang lebih setahun dan belum pernah ditemui oleh tim survey PT KAI.

"Uji tetanggo dulu memang ado tim survey sebelum saya tinggal disini. Tim survey ini bertujuan untuk mendata jumlah warga yang tinggal dipinggiran rel untuk selanjutnya dicatat sebagai penerima dana konpensasi. Namun saat itu saya belum tinggal disini. Soal penggusuran saya masih bimbang dan belum tahu entah pindah kemana" ujarnya.

Soal rencana penggusuran ini juga dibenarkan oleh Pemerintah Kota Prabumulih melalui Dinas Perhubungan Kominfo Kota Prabumulih. Dikonfirmasi posmetroprabu.com, Kepala Dinas Perhubungan dan Kominfo Kota Prabumulih Syarifuddin mengatakan, sekarang ini PT KAI akan membagun jalur double track Prabumulih-Kertapati, untuk Prabumulih akan menggunakan lahan di sisi kiri rel arah Palembang mungkin sekitar 23 meter," ungkapnya Kemarin

Menurut Syarifuddin, pembagunan jalur double track ini sendiri selain akan menggusur lahan warga juga akan membuat pengurangan intensitas penggunaan jalan raya oleh kendaraan-kendaraan. "Tentu jika ada jalur ganda dan rel rutin melintas akan berpeluang membuat lalulintas menjadi sedikit tersendat, apalagi jika kereta rutin melintas di perlintasan jalan raya," ungkapnya seraya berharap agar Masyarakat Kota Prabumulih bisa bekerjasama mensukseskan proyek tersebut.

Share this article :

Posting Komentar

Situs Berita Online POSMETROPRABU.COM. Pertama dan Terbesar di Kota Prabumulih. Terbit sejak Juni 2011

 
Support : Creating Website | Johny Template | Posmetro Cyber Group
Copyright © 2011. Posmetro Prabu - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Jun Manurung
Proudly powered by Posmetro Prabu