Home » » Pertamina Latih Kerajinan dari Botol PlastiK

Pertamina Latih Kerajinan dari Botol PlastiK

Written By Posmetro Prabu on 16/06/15 | 16.6.15

PRABUMULIH, PP - Bagi sebagian besar orang, sampah merupakan barang yang kurang berharga. Namun melihat potensi pemanfaatan sampah untuk kerajinan menarik perhatian Pertamina EP Prabumulih Field untuk melakukan pelatihan membuat kerajinan dari sampah-sampah plastik. Demikian disampaikan oleh Prabumulih Legal & Relation Setyo Puji Hartono pada program pelatihan pengolahan sampah botol plastik di Kelurahan Patih Galung kepada Ibu-ibu dan remaja putri yang tergabung dalam kelompok kerajinan Cahaya Prabu, (Senin, 15/05). 

Untuk mengembangkan kelompok ini, Pertamina EP Prabumulih Field mendatangkan instruktur langsung dari Jakarta yaitu Bob Novandy yang sudah dikenal sebagai King Lampion’s.“Kami sengaja mendatangkan instruktur yang ternama untuk memotivasi para peserta serta untuk meningkatkan keahlian anggota kelompok ini. Selain itu Bob juga sangat peduli dengan masalah lingkungan, ia dikenal dengan karya Lampionnya yang berasal dari sampah Botol plastik.” jelasSetyo.
Setyo jugamenjelaskan bahwa pelatihan tersebut akan sangat bermanfaat untuk membantu mengatasi masalah sampah dan kerusakan lingkungan. “Dengan diolah menjadi kerajinan tangan yang bernilai jual sampah yang awalnya menjadi masalah akan berubah menjadi berkah”kata Setyo.

Dia juga menambahkan agar pelatihan seperti ini harus digalakkan untuk memberdayakan masyarakat menjadi lebih kreatif  dan peduli dengan lingkungan. “Semoga pelatihan ini bisa bermanfaat dan para peserta pelatihan ini bisa menularkan ilmu yang telah didapat kepada masyarakat luas sehingga sampah tidak lagi menjadi masalah bagi kita tetapi menjadi sesuatu yang berharga ”harapnya.

Bob Novandy, sang instruktur pun mengungkapkan kebahagiaannya karena diberikan kesempatan untuk memberikan pelatihan kepada ibu-ibu disini. Ia mengakui bahwa merupakan sebuah kebanggaan baginya untuk bisa berbagi ilmu yang dimilikinya kepada orang banyak dan ia bersyukur karena berkat ilmunya ini ia sudah bisa berkeliling Indonesia. Menurut Bob yang merupakan mantan Sespri Ketua Komisi I DPR RI ini awalnya ia tidak pernah membayangkan sama sekali akan menjadi seorang instruktur seperti sekarang ini. 

“Semua nya berawal ketika rumahsaya terkena banjir dan di genangan banjir banyak botol-botol plastik yang hanyut. Kemudian terbersit ide untuk mengolah botol-botol plastik ini menjadi sesuatu yang bernilai jual, dan kerajinan yang dihasilkan dari limbah botol plastik ini adalah lampion.” katanya.

Beberapa hari yang lalu Bob mendapatkan kehormatan untuk menjadi tamu di Program Acara Kick Andy karena ia berhasil menginspirasi masyarakat di sekitarnya untuk peduli dengan sampah plastik, dan ia sudah mendapatkan penghargaan dari Gubernur Jakarta sebagai Entrepreneur yang peduli lingkungan.   
Share this article :

Posting Komentar

Situs Berita Online POSMETROPRABU.COM. Pertama dan Terbesar di Kota Prabumulih. Terbit sejak Juni 2011

 
Support : Creating Website | Johny Template | Posmetro Cyber Group
Copyright © 2011. Posmetro Prabu - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Jun Manurung
Proudly powered by Posmetro Prabu