Home » » Kasus Pungli PSB SDN 01, Dewan Segera Panggil Kadiknas

Kasus Pungli PSB SDN 01, Dewan Segera Panggil Kadiknas

Written By Posmetro Prabu on 10/06/15 | 10.6.15

PRABUMULIH, PP - Keluhan orang tua calon siswa yang menduga ada kecurangan dalam penerimaan siswa baru (PSB) di Sekolah Dasar (SD) Negeri 1 Prabumulih, mendapat perhatian serius dari komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) kota Prabumulih.

Ketua Komisi I DPRD Prabumulih, H Erwansyah menegaskan, sekolah hendaknya transfaran dan mematuhi aturan yang ada dalam proses penerimaan siswa baru.

"Tes penerimaan SMA, SMP maupun SD yang terpenting itu transfaransi, untuk tingkat SD sendiri kita harus lihat aturan. Jika sesuai aturan siswa yang boleh diterima masuk SD minimal usia 6 tahun maka seluruhnya harus berumur 6 tahun ketika masuk, jangan ada yang kurang umur," ungkap Erwansyah.

Erwansyah mengatakan, selama ini memang sering terjadi sekolah menerima masuk siswa SD dibawah umur 6 tahun, hal itu menjadi sah-sah saja jika memang ada aturan dan mekanisme penerimaan jelas dan tidak ditutup-tutupi.

 "Jika sekolah menerima dibawah umur 6 tahun harus dijelaskan ke masyarakat mekanismenya bagaimana dan aturannya bagaimana, sehingga orang tua murid bisa melengkapi dan sadar jika anaknya tidak lulus," bebernya.

Politisi Partai Demokrat ini menuturkan, jika sekolah transfaran dan tidak berada di wilayah abu-abu atau sembunyi-sembunyi, justru menimbulkan kecurigaan dan masyarakat berpikir tidak-tidak.

"Kalau di wilayah abu-abu orang akan berpikir ada permainan, ada kecurangan atau jual beli. Ini harus jelas, karena selama ini masalah penerimaan siswa baru selalu bermasalah," tuturnya.

Lebih lanjut Erwansyah menambahkan, terkait persoalan tersebut pihaknya selaku komisi yang membidangi pendidikan akan mengundang Dinas Pendidikan untuk mempertanyakan permasalahan penerimaan siswa baru di tingkat SD yang meresahkan para orang tua murid itu.

"Kita akan pastikan aturan, karena jika 6 tahun maka semuanya harus umurnya seperti itu. Jika ada pengecualian sekolah menerima dibawah umur itu maka, apa mekanisme yang digunakan sekolah," tambahnya seraya mengatakan DPRD Prabumulih akan mencari langkah dalam penerimaan siswa baru agar tidak bermasalah.




Sumber : Tribun Sumsel
Share this article :

Posting Komentar

Situs Berita Online POSMETROPRABU.COM. Pertama dan Terbesar di Kota Prabumulih. Terbit sejak Juni 2011

 
Support : Creating Website | Johny Template | Posmetro Cyber Group
Copyright © 2011. Posmetro Prabu - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Jun Manurung
Proudly powered by Posmetro Prabu