Home » » Sebulan Polres Prabumulih Berhasil Menangkap 21 Orang Pelaku Kejahataan

Sebulan Polres Prabumulih Berhasil Menangkap 21 Orang Pelaku Kejahataan

Written By Posmetro Prabu on 26/05/15 | 26.5.15

PRABUMULIH, PP - Meski angka kriminalitas terhadap kasus  curas, curanmor, dan curat (3C) di kota Prabumulih terbilang cukup tinggi, namun pelaku kejahatan terhadap kategori tindak kriminal tersebut masih menjalani modus kejahatannya secara tradisional.

Kapolres Prabumulih, AKBP Arief Adiharsa SIk MTCP melalui Wakapolres, Kompol FX Irwan Arianto SIk mengatakan dalam mendukung program 100 hari kerja Kapolri yang telah memasuki hari ke 30 ini, jajarannya telah berhasil menjaring setidaknya 21 tersangka kasus 3C. Ke - 21 tersangka tersebut terbelit dalam 35 kasus 3C.

"Semua tersangka rata-rata masih menggunakan modus tradisional dalam menjalankan aksinya seperti dengan mobile keliling wilayah untuk mencari mangsa. Setelah mendapat sasaran langsung melakukan eksekusi. Hampir semua modusnya seperti itu," ujarnya.

Mantan Kasatreskrim OKU Timur ini juga mengatakan "inovasi" yang dilakukan para pelaku 3C belum terlalu berkembang. "Tidak seperti di kota besar yang telah melakukan berbagai macam cara untuk memuluskan aksi kejahatannya," katanya.

Masih kata Irwan, masyarakat harus mewaspadai para pelaku yang kerap menggunakan senjata api rakitan ketika melakukan aksi kejahatan. Pihaknya juga terus gencar melakukan razia di berbagai wilayah untuk meminimalisir kepemilikan senpira oleh warga.

"Rata-rata semuanya didapatkan dari luar Prabumulih. Setidaknya sudah 7 senpira selama satu bulan ini berhasil kami dapatkan," tuturnya.

Lebih jauh Irwan menambahkan selain melakukan penangkapan para pelaku tindak kejahatan, pihaknya juga mengambil langkah preventif dengan merazia minuman keras di tempat penyedia. Apalagi dengan dikeluarkannya Permendagri mengenai peredaran minuman beralkohol, pihaknya memiliki dasar hukum yang kuat bersama pemerintah kota untuk melakukan razia terhadap minuman tersebut.

"Hasilnya sebanyak 623 botol minuman beralkohol berbagai merk berhasil kami sita," jelasnya.
 Kejahatan narkoba juga tak luput dari perhatian jajaran Polres Prabumulih dalam sebulan, setidaknya jajaran Polres Prabumulih berhasil menyita narkoba jenis sabu sebanyak 35 gram, ganja sebanyak 34 gram dan ekstasi sebanyak 95 butir.

 "Operasi serta giat kami selama ini yang dianggap berhasil akan kami teruskan dan benahi. Sehingga ke depan dapat menciptakan suasana keamanan yang kondusif bagi masyarakat," pungkasnya.
Share this article :

Posting Komentar

Situs Berita Online POSMETROPRABU.COM. Pertama dan Terbesar di Kota Prabumulih. Terbit sejak Juni 2011

 
Support : Creating Website | Johny Template | Posmetro Cyber Group
Copyright © 2011. Posmetro Prabu - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Jun Manurung
Proudly powered by Posmetro Prabu