Home » , » Bisnis Digital di Era Globalisasi

Bisnis Digital di Era Globalisasi

Written By Posmetro Prabu on 05/05/15 | 5.5.15

Oleh : Indah Oktaviani
Mahasiswi, Fakultas Ekonomi Manajemen, Universitas Islam Indonesia


Online shop atau online store pernahkah mendengar kata – kata ini? Belakangan ini online shop sedang menjadi perbincangan hangat masyarakat luas dan juga secara tidak langsung sudah banyak masyarakat di Indonesia hingga mancanegara menggunakan atau menjalankan bisnis tersebut.

Dengan adanya perkembangan zaman serta teknologi yang semakin pesat, masyarakat dimudahkan dengan adanya internet yang bisa diakses dimana saja dan kapan saja. Munculmya online shop ini merupakan salah satu cara untuk memasarkan serta mempromosikan  suatu produk yang dimiliki oleh seorang penjual.

Hal ini dapat memudahkan kita sebagai calon pembeli untuk memenuhi kebutuhan yang akan kita cari, tentunya dengan kita menggunakan jasa online shop tersebut kita dapat menghemat waktu dan juga tenaga. Langkah mudah menggunakan jasa Online Shop, kita sebagai calon pembeli hanya tinggal menuliskan keyword yang kita inginkan di aplikasi internet gadget kita, maka search engine dengan cepat menampilkan pilihan produk yang kita inginkan.

Barang – barang yang dijual di Online Shop pun beraneka ragam mulai dari tas, baju, sepatu, make-up, gadget, laptop, handphone, makanan, perkakas rumah tangga, alat bangunan, serta masih banyak lagi barang maupun jasa yang ditawarkan di online shop.

Pemilik online shop tidak perlu repot – repot untuk membuka toko, yang tentu saja akan menambah biaya yang akan ia keluarkan.

Dengan kemudahan internet dewasa ini pengusaha online shop dapat dengan mudah mempromosikan serta memasarkan produk yang akan ia jual. Penjualan pun dapat dilakukan dengan cara yang unik dan tentunya dapat menarik perhatian dari calon pembeli online shop tersebut.

Tidak berlebihan jika usaha online shop ini dapat dikatakan bisnis baru yang keuntungannya menjanjikan dan dengan mudah dilakukan oleh siapapun. Usaha inipun sangat cocok untuk orang – orang yang tidak mempunyai banyak modal dan waktu untuk membuka usaha toko seperti, ibu rumah tangga, mahasiswa bahkan pelajar yang masih bersekolahpun dapat membuka usaha ini.

Dengan modal yang tidak terlalu banyak mereka dapat membuka usaha online shop ini dengan menggunakan media sosial seperti: membuka website, facebook, twitter, Instagram, ask.fm, wordpress, flickr dll. Sudah banyak contohnya website – website besar ataupun forum yang sudah terkenal dan terpercaya menjual barang – barang maupun jasa seperti kaskus, zalora Indonesia, tokopedia, tokobagus, berniaga, lazada Indonesia, tiket, agoda, rakuten belanja online, buka lapak, dan masih banyak lagi situs online yang menjual barang – barang yang mungkin kita butuhkan.

Tentunya dengan ciri khas masing - masing wesbsite tersebut mempromosikan serta menjual barang yang mereka tawarkan.

Adapun tips dan trik yang harus diketahui oleh para pengusaha online shop, seperti:

Promosi dan pemasaran via media sosial

Menggunakan jasa media sosial untuk melakukan kegiatan promosi serta pemasaran, merupakan cara yang cukup efektif dan juga efisien. Karena dengan menggunakan media sosial kita dapat mempromosikan barang ataupun jasa dan akan dengan mudah dilakukan, promosi serta pemasaran di media sosial tidak perlu modal besar cukup mempunyai akses internet yang cepat akan dengan  mudah dan ekonomis untuk memasarkannya, sosial mediapun akan sangat cepat menyebar beritanya maka dari itu informasi akan barang atau jasa kitapun akan cepat menyebar.

Etika yang baik

Sebagai penjual haruslah bersifat ramah dan santun, hal ini dapat memberikan nilai plus dari para calon pembeli. Dengan bersikap ramah dan tidak emosional maka maka para konsumen pun akan senang membeli barang di online shop kita. Ada pepatah pembeli adalah raja pepatah inipun juga berlaku di dunia bisnis online shop ini.

Informasi yang tepat

Dalam membuat bisnis online, kita harus menampilkan informasi tentang produk ataupun jasa yang kita jual dengan jujur dan lengkap. Karena calon konsumen tidak dapat melihat dan menyentuh langsung produk yang iya pilih atau yang iya beli. Contohnya jika bisnis online yang menjual sepatu. Sebaiknya kita harus menuliskan jenis bahan, ukuran sepatu, cara mengukur kaki, serta detail lainnya yang berhubungan dengan produk tersebut jangan ada kebohongan, sekali kita bohong konsumen tidak akan percaya kepada kita lagi.

Jangan Spamming

Hindarilah untuk melakukan spamming yang pada akhirnya membuat orang kesal dan meninggalkan toko online kita.

Foto dengan kualitas yang baik

Foto dengan kualitas yang baik akan memberikan kepuasaan bagi para calon konsumen, sebaliknya jika foto dengan kualitas yang buruk dapat membuat pembeli merasa tidak puas. Dan usahakan didalamnya menggunakan model sebagai contoh pemakaian barang yang ditawarkan.

Share this article :

Posting Komentar

Situs Berita Online POSMETROPRABU.COM. Pertama dan Terbesar di Kota Prabumulih. Terbit sejak Juni 2011

 
Support : Creating Website | Johny Template | Posmetro Cyber Group
Copyright © 2011. Posmetro Prabu - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Jun Manurung
Proudly powered by Posmetro Prabu