Home » » Nak Nyalon Kades di Prabumulih? Ini Syaratnyo

Nak Nyalon Kades di Prabumulih? Ini Syaratnyo

Written By Posmetro Prabu on 20/04/15 | 20.4.15

PRABUMULIH, PP - Wali Kota Prabumulih, Ir H Ridho Yahya MM mengatakan dengan telah terbentuknya Perda pemilihan kepala desa secara serentak di Kota Prabumlih, maka pihaknya akan segera menyiapkan gelaran pemilihan kepala desa (pilkades) di 7 desa yang ada di kota Prabumulih.

"Pelaksanaannya sendiri Kemungkinan dilaksanakan Mei nanti. Tapi akan kami lihat dulu persiapannya," ujar Ridho kepada wartawan usai menghadiri Rapat Paripurna pengesahan  empat rancangan peraturan daerah (Raperda) yang terdiri dari raperda tentang pemilihan kades dan raperda tentang perubahan atas perda nomor 3 tahun 2008 tentang pelayanan administrasi kependudukan dan catatan sipil dengan penyelenggaraan system informasi administrasi kependudukan (SIAK) siang tadi Senin (20/04/2015).

Beberapa syarat calon kepala desa yang telah diatur dalam perda tersebut, sambung Ridho antara lain wajib memberikan bukti dukungan sebesar 15 persen dari total pemilih.

"Kalau alasan pemberian syarat tersebut, bisa langsung konfirmasi dengan pansusnya," katanya.

Sementara terkait dana atau anggaran pilkades, Ridho mengungkapkan telah menganggarkannya di APBD 2015. "Semuanya telah dianggarkan. Tinggal pelaksanaannya saja," ungkapnya.

Terpisah, Ketua DPRD Kota Prabumulih, Ahmad Palo SE mengakui, jika dalam perda tentang pemilihan kepala desa salah satu pasalnya mengatur tentang bukti dukungan bagi bakal calon kepala desa. “Banyak yang memprediksi jumlah calon kades akan meningkat, mengingat saat ini jabatan kades cukup diminati terlebih dengan adanya dana desa makanya kita masukkan syarat bukti dukungan itu,” kata politisi dari PPP itu.

Masih kata Ahmad Palo, nantinya bakal calon kades harus mendapat dukungan sebanyak 15 persen dari jumlah pemilih. “Dengan demikian, kita berharap nantinya kades yang terpilih benar-benar didukung masyarakat dan demokrasi benar-benar berjalan,’ pungkasnya. (pp/tyo)
Share this article :

Posting Komentar

Situs Berita Online POSMETROPRABU.COM. Pertama dan Terbesar di Kota Prabumulih. Terbit sejak Juni 2011

 
Support : Creating Website | Johny Template | Posmetro Cyber Group
Copyright © 2011. Posmetro Prabu - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Jun Manurung
Proudly powered by Posmetro Prabu