Home » , » Kegiatan Baksos JPC Prabumulih Berhasil Kumpulkan 40 Kantong Darah

Kegiatan Baksos JPC Prabumulih Berhasil Kumpulkan 40 Kantong Darah

Written By Posmetro Prabu on 13/04/15 | 13.4.15

Sebanyak 40 kantong darah Minggu lalu (12/4) berhasil dikumpulkan dalam acara Fun Bike yang digelar oleh Lembaga Cegah Kejahatan Indonesia serta aksi Donor Darah yang digelar oleh Jeep Prabumulih Community bekerja sama dengan Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Prabumulih.

Ketua JPC, Denni Victoria SH mengatakan aksi donor darah tersebut merupakan bentuk kepedulian pihaknya dengan kondisi kosongnya                                                                                                                                    stok darah yang dialami Unit Transfusi Darah (UTD) RSUD Prabumulih.

"Kami cukup prihatin dengan kondisi kekosongan stok tersebut. Untuk itu, acara ini sengaja kami gelar agar stok darah terus stand by bagi pasien yang membutuhkan," ungkap Denni yang dibincangi di sela kegiatan donor darah di GOR Prabujaya kemarin (12/4).

Masih kata Denni, kegiatan serupa akan menjadi agenda rutin JPC. "Ke depan ini bakal rutin kami gelar sehingga dapat membantu UTD Prabumulih dalam mengisi kekosongan stok," ucapnya.

Kepala Unit Transfusi Darah (UTD) RSUD Prabumulih, dr H Lazuardi mengatakan, sedikitnya ada 70 orang yang mendaftar untuk mendonorkan darahnya. Namun dari jumlah tersebut, setelah dilakukan tes kesehatan hanya 40 orang diantaranya yang memenuhi persyaratan untuk mendonorkan darah.

" Dari kegiatan donor darah hari ini, kita berhasil mengumpulkan 40 kantong darah mulai dari golongan darah A, B, AB dan O," bebernya sembari mengatakan dengan aksi donor darah itu kini stok darah di UTD RSUD Prabumulih kembali bertambah.

Sebagai contoh banyaknya kebutuhan darah bagi pasien di rumah sakit, Lazuardi mengatakan darah yang berhasil dikumpulkan dalam acara HUT Sat Pol PP beberapa waktu lalu habis dalam sehari.

 "Beberapa waktu lalu sewaktu HUT Sat Pol PP, terkumpul 10 kantong darah. Nah, itu langsung habis dalam sehari. Karena memang kebutuhan darah di kota Prabumulih benar-benar tinggi," ucapnya.

Sementara itu, Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) kota Prabumulih, Hj Suryanti Ngesti Rahayu memberikan apresiasi tinggi bagi komunitas serta gerakan kepemudaan lainnya yang peduli terhadap kekosongan stok darah yang dialami UTD RSUD Prabumulih.

" Kami berharap setiap elemen masyarakat terutama gerakan kepemudaan bisa rutin menggelar aksi donor darah ini sehingga kebutuhan akan darah bisa terus terpenuhi," pungkas istri Wali Kota Prabumulih, Ir H Ridho Yahya MM ini. (TYO)
Share this article :

Posting Komentar

Situs Berita Online POSMETROPRABU.COM. Pertama dan Terbesar di Kota Prabumulih. Terbit sejak Juni 2011

 
Support : Creating Website | Johny Template | Posmetro Cyber Group
Copyright © 2011. Posmetro Prabu - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Jun Manurung
Proudly powered by Posmetro Prabu