Home » » Samran : Jadikan Tumpukan Sampah Peluang Bisnis

Samran : Jadikan Tumpukan Sampah Peluang Bisnis

Written By Posmetro Prabu on 01/03/15 | 1.3.15

PRABUMULIH, PP - Tidak banyak orang yang tahu bisnis sampah prospeknya cukup bagus. Bisnis daur ulang sampah mungkin terdengar kurang menarik dan populer di telinga masyarakat. Akan tetapi, pada kenyataannya bisnis daur ulang sampah saat ini menjadi salah satu peluang bisnis yang mendatangkan untung jutaan rupiah.

Sebut saja Abirambang Samran (42) Warga Kota Prabumulih. Pria ini telah banyak mengelilingi Indonesia oleh karena sampah. Menarik bukan? Ia benar, bukan Samran namanya jika dalam melakukan sesuatu usaha tidak berhasil. Samran telah beberapa kali di undang oleh Daerah di luar Kota Prabumulih untuk menjadi narasumber sistem pengolahan sampah.

Bagi Samran sampah adalah Uang, yang jika dikelola dengan baik dan sungguh-sungguh akan menjadi Uang besar. Dengan berkecimpung di dunia sampah setidaknya Samran kini telah berhasil mengubah pandangan buruk masyarakat tentang sampah menjadi sebuah peluang bisnis yang sangat menggiurkan dan bisa mendatangkan keuntungan besar. Ia telah lama menggeluti bisnis daur ulang sampah. Sampah yang dikelolanya selama ini adalah jenis sampah plastik seperti gelas plastik, botol plastik, tutup plastik dan lain sebagainya.

Ditemui posmetroprabu.com di Bank Sampah miliknya di Jalan Lingkar dekat tugu Nanas Kota Prabumulih, Samran mengatakan bahwa, sampah yang kita buang setiap hari sebenarnya dapat digunakan kembali. Sampah berbahan Plastik adalah bahan yang berharga yang belum banyak diketahui oleh masyarakat, ujarnya.

Sosok Pria yang tercatat pernah mencalonankan diri sebagai Pasangan Walikota Prabumulih ini mengungkapkan awalnya ketertarikannya dengan mengolah sampah lantaran permasalahannya yang belum mendapatkan jalan keluar terbaik hingga saat ini. Oleh sebab itu, bisnis daur ulang sampah ini merupakan salah satu solusi baik untuk mengurangi penumpukan sampah yang ada di tengah Kota. Bisnis daur ulang sampah tidak hanya bicara untung namun lebih daripada itu, pengelolaan sampah juga berdampak baik bagi lingkungan hidup, ujarnya.

Lantas bagaimana proses sampah ini dikelola hingga berbentuk pecahan Uang Rupiah? Menurut Samran prosesnya cukup sederhana. Dimana sampah diolah dulu di pabrik kecil (mesin pencacah) yang berada diantara tumpukan sampah. Mesin ini mampu menggiling sampah dalam jumlah yang banyak.

Sebelum dilakukan penggilingan, sampah terlebih dahulu dipisah-pisah sesuai jenisnya. Penggilingan sampah merupakan tahapan penting dalam bisnis daur ulang sampah secara keseluruhan karena penggilingan adalah langkah yang hampir mencapai tahap akhir dari proses daur ulang. Proses penggilingan tersebut akan menghasilkan sampah dalam bentuk cacahan yang ukurannya kecil. Lalu, sampah yang telah digiling tersebut akan dikemas dan menjadi pecahan rupiah, tegas Samran.
Share this article :

Posting Komentar

Situs Berita Online POSMETROPRABU.COM. Pertama dan Terbesar di Kota Prabumulih. Terbit sejak Juni 2011

 
Support : Creating Website | Johny Template | Posmetro Cyber Group
Copyright © 2011. Posmetro Prabu - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Jun Manurung
Proudly powered by Posmetro Prabu