Home » » Sukses di Arab, KUBE Sepakat Bersama Lirik AKI

Sukses di Arab, KUBE Sepakat Bersama Lirik AKI

Written By Posmetro Prabu on 15/02/15 | 15.2.15

PRABUMULIH, PP - Setelah sukses membudidayakan ayam arab, Kelompok Usaha Bersama "Sepakat Bersama"melirik pembudidayaan  ayam AKI (Ayam Kampung Indonesia).Dari sudut kacamata bisnis,ternak ayam kampung menjadi salah satu bisnis yang sangat menarik untuk ditekuni. Berternak ayam kampung lebih mudah dibandingkan dengan ternak ayam broiler. Terlebih harga ayam kampung cenderung naik dan berbanding terbalik dengan harga ayam broiler yang fluktuatif.
     
"Sudah hampir 7 bulan ini kelompok ini mulai berternak ayam kampung. Proses perkembangbiakan ayam kampung cuma membutuhkan waktu 40 -50 hari kita sudah bisa panen. Karna diumur itu ayam sudah memiliki berat 7-8 ons dan ukuran tersebut siap panen, kalu lewat dari ukuran tersebut pelanggan kurang berminat dan selain itu harganya pun turun" ujar Adi Iswanto Ketua KUBE Sepakat Bersama Prabumulih.
   
Dikatakan Adi, untuk perawatan AKI sendiri tidak begitu sulit, selama  umur 15 hari DOC (day old chic)  dimasukan ruangan yang dilengkapi pemanas dan diberi vaksin. Dan jika sudah lewat dari 15 hari ayam sudah bisa hidup sendiri tanpa perawatan khusus paling kita memberikan makan dan minum plus vitamin.
    
Setiap minggu,lanjutnya kelompok ini dapat menjual 300-400 ekor ayam kampung. Saat ini, kendala yang kami hadapi adalah harga pakan yang cukup tinggi.
    
Adi berharap agar rencana kelompok ini untuk melakukan pembibitan ayam kampung sendiri dapat segera terwujud. Selain itu juga diharapkan beternak ayam kampung ini dijadikan peluang bisnis bagi masyarakat disela sela harga karet yang menurun.(pp/ind)
Share this article :

Posting Komentar

Situs Berita Online POSMETROPRABU.COM. Pertama dan Terbesar di Kota Prabumulih. Terbit sejak Juni 2011

 
Support : Creating Website | Johny Template | Posmetro Cyber Group
Copyright © 2011. Posmetro Prabu - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Jun Manurung
Proudly powered by Posmetro Prabu