Home » » Permudah Pengawasan, Bedeng di Prabumulih Wajib Miliki Izin

Permudah Pengawasan, Bedeng di Prabumulih Wajib Miliki Izin

Written By Posmetro Prabu on 18/02/15 | 18.2.15

PRABUMULIH, PP - Bisnis rumah sewa atau kos-kosan (Bedeng)  saat ini sudah menjadi peluang usaha yang menjanjikan. Namun sayangnya, hampir semua rumah sewa dan kos kosan yang berada di kota Prabumulih belum memiliki izin. 

Minimnya sosialisasi dari Pemerintah diduga menjadi penyebab pemilik usaha rumah sewa atau kos-kosan mengabaikan perizinan. Bahkan, beberapa dari pemilik kost tersebut, tidak mengetahui adanya Peraturan Daerah (Perda) yang mengatur izin usaha kost-kostan yang dikeluarkan Pemkot Prabumulih. Padahal perizinan tersebut dinilai penting untuk pengendalian serta pengawasan kepatuhan wajib pajak.

Kepala Badan Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (BPMPTSP) Rozali melalui sekretarisnya Yopi mengakui jika bisnis rumah kos-kosan di prabumulIh terus bertambah, namun belum diiringi kesadaran para pengusaha kost yang mendaftarkan izinya ke BPMPTSP. 

Dikatakan, setiap pemilik kos kosan wajib memiliki IMB, SITU dan HO (izin gangguan).

"Izin rumah kos itu gratis. Namun proses didalamnya yang meliputi izin HO dan IMB ada ketentuannya."ujarnya.

Kedepan lanjut yopi pihaknya akan lebih banyak lagi melakukan sosialisasi terkait hal ini. Karena kos-kosan ini salah satu penambah PAD kota Prabumulih.

Sebelumnya, Walikota Prabumulih Ir, H Ridho Yahya kepada Posmetro Prabu beberapa waktu yang lalu mengungkapkan bahwa tujuan perda ini diterbitkan untuk memudahkan pemerintah melakukan pendataan kependudukan. Selain juga demi alasan keamanan, karena penghuni rumah kos yang umumnya pendatang akan mudah terdata dan terpantau. Sedangkan perizinan yang termaktub dalam ketentuan perda rumah kos tersebut yakni harus memiliki IMB, izin prinsip, Situ dan HO.

Perda juga berlaku bagi rumah kos yang sudah beroperasi, Bagi pemilik rumah kos yang kedapatan tidak mau mengurus izinnya, maka rumah kos akan diberikan sanksi, ujar Walikota.
  
Sementara itu,  Irsan, pemilik kos "Muslimah" di Kota Prabumulih, mengakui belum mengetahui jika usaha rumah bedeng wajib memiliki izin. Namun demikian lanjut Irsan, baginya tidak ada masalah jika rumah kost miliknya diwajibkan memiliki izin. Hanya saja Ia menyesalkan mengapa pihak Pemkot tidak pernah mensosialisasikan Perda tersebut. (pp/ind)
Share this article :

Posting Komentar

Situs Berita Online POSMETROPRABU.COM. Pertama dan Terbesar di Kota Prabumulih. Terbit sejak Juni 2011

 
Support : Creating Website | Johny Template | Posmetro Cyber Group
Copyright © 2011. Posmetro Prabu - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Jun Manurung
Proudly powered by Posmetro Prabu