Home » , » Idham Optimis Pelebaran Jalan Sudirman Duspra Akan Lanjut

Idham Optimis Pelebaran Jalan Sudirman Duspra Akan Lanjut

Written By Posmetro Prabu on 17/02/15 | 17.2.15

PRABUMULIH, PP - Terhitung dua dekade lebih, perumusan dan perencanaan yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Prabumulih mewujudkan program pembangunan pelebaran jalan Jendral Sudirman di Kelurahan Prabumulih Kecamatan Prabumulih Barat Kota Prabumulih. Berbagai upaya yang dilakukan oleh tim pembebasan lahan mewujudkan program Pemerintah hingga kini belum mampu mengurai benang kusut dalam setiap kegiatan pembebasan tanah. Terbukti hingga 2015 proyek pelebaran Jalan dusun Prabumulih terhambat karena pembebasan lahan tak kunjung tuntas.

Yang menarik perhatian, pembebasan lahan di Kota Prabumulih terkhusus Jalan Jendral Sudirman Dusun Prabumulih, Pemkot Prabumulih telah menyiapkan dana APBD sebesar Rp. 40 miliar untuk 40 rumah yang terkena imbas pelebaran jalan. Yang bila dihitung-hitung bisa dikatakan tiap rumahnya dihargai satu miliar rupiah. Namun ternyata dana sebanyak itu tidak menjamin mampu menyelesaikan masalah.

Anggota DPRD Kota Prabumulih Drs Idham Tergun MM dari Komisi I menilai bahwa pokok permasalahan pada pembebasan lahan di Dusun Prabumulih tidak lain adalah Jaminan Kesejahteraan. Pokok sengketa sebenarnya terkait pada penetapan bentuk dan nilai ganti rugi. Dimana warga disana umumnya meminta nilai kompensasi atau ganti rugi yang besar atas tanah dan segala kekayaan yang berada di atasnya. 

Menurut politisi Partai Hanura ini, ganti rugi yang tinggi adalah hal yang wajar, karna di satu sisi, tanah merupakan tumpuan hidup satu-satunya. Jika tanah hilang, yang ditakutkan warga bisa terjatuh dalam kemiskinan dan masa depan yang tidak karuan. Karena itu, warga menuntut ganti-rugi yang tinggi, kadangkala jauh di atas harga pasar. Ini bukan perkara aji mumpung Namun lebih pada masa depan warga, ujarnya.

Intinya, yang paling penting dan menentukan pada proses pembebasan lahan adalah pendekatan kesejahteraan. Bukan pendekatan hukum atau politik. Artinya, ganti rugi harus mampu menjamin kehidupan pemilik lahan lebih baik dari sebelumnya. Tinggal lagi Pemerintahnya, Sebab warga yang terkena Imbas tidak ada masalah lagi soal rencana pelebaran Jalan. Sebagai warga negara yang baik, warga pasti siap berkorban untuk kepentingan pembangunan asalkan Pemkot memberikan jaminan bahwa dana ganti rgi mampu mengubah kehidupan mereka lebih baik, beber Idham Tergun.

Kendati saat ini Pemerintah tidak lagi memnganggarkan dana untuk pelebaran Jalan Sudirman Dusun Prabumulih, Idham tetap optimis Proyek pelebaran jalan di daerah itu tetap berlanjut. Ia menilai kemungkinan besar saat ini Eksekutif sedang fokus pada proses ruislag (tukar Guling) Jalan Sudirman - Jalan Lingkar. 

"Harus optimis, sebab pembangunan harus terus berlanjut. Jika tahun ini tidak dianggarkan, di APBDP atau APBD berikutnya akan kita usulkan" tegasnya. (pp/01)
Share this article :

Posting Komentar

Situs Berita Online POSMETROPRABU.COM. Pertama dan Terbesar di Kota Prabumulih. Terbit sejak Juni 2011

 
Support : Creating Website | Johny Template | Posmetro Cyber Group
Copyright © 2011. Posmetro Prabu - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Jun Manurung
Proudly powered by Posmetro Prabu