Home » , » Pemkot Siap Gandeng Santa Maria Kembangkan Kebun Buah Naga

Pemkot Siap Gandeng Santa Maria Kembangkan Kebun Buah Naga

Written By Posmetro Prabu on 27/01/15 | 1/27/2015

PRABUMULIH, PP - Pemerintah Kota Prabumulih terus berupaya melakukan terobosan baru untuk mengangkat perekonomian masyarakat petani di Kota ini yang terpuruk oleh anjloknya harga karet. Walikota Ridho Yahya mengungkapkan bahwa dalam waktu dekat ini pihaknya akan menggandeng Yayasan Santa Maria Kota Prabumulih untuk mengembangkan tanaman holtikura yakni buah naga untuk di kembangkan di Bumi seinggok sepemunyian.

Digandengnya pihak Santa Maria, lantaran Yayasan ini dinilai telah berhasil dalam pengembangan buah naga di Kota Prabumulih meski dengan lahan yang hanya seperempat hektare. Dikebun yang tergolong sempit itu, yayasan mampu menutupi biaya operasional dan bahkan menyisihkannya untuk biaya keperluan pembangunan Gereja.

Walikota seusai melakukan peninjauan lahan perkebunan Buah Naga Santa Maria sore tadi Selasa (27/01/2015) mengungkapkan pengembangan budidaya tanaman buah naga mempunyai pangsa pasar buah yang terbuka lebar. 

“Kami siap menggandeng Santa Maria dalam pengembangan budidaya Buah Naga untuk membantu para petani yang berminat dalam pengembangan buah naga, baik dari segi sumber daya manusia dan teknis pengembangan tanaman maupun akses permodalan,” ujarnya

Selain itu lanjutnya, Pemerintah juga akan memaksimalkan lahan yang dimiliki saat ini untuk dijadikan sentra perkebunan atau budidaya Buah Naga. Kemungkinan menggantikan tanaman nanas dengan Buah Naga atau menggabungkan keduanya dalam satu areal jika nantinya memungkinkan, imbhnya.

Untuk diketahui, harga jual Buah Naga per kilonya di Kota Prabumulih bisa mencapai 35 - 40 ribu rupiah. Sementara usia tanaman hanya membutukan delapan bulan untuk produksi. Bahkan tanaman ini juga di klaim mampu produksi hingga sampai dua puluh lima tahun. 
Share this article :

Posting Komentar

Situs Berita Online POSMETROPRABU.COM. Pertama dan Terbesar di Kota Prabumulih. Terbit sejak Juni 2011

 
Support : Creating Website | Johny Template | Posmetro Cyber Group
Copyright © 2011. Posmetro Prabu - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Jun Manurung
Proudly powered by Posmetro Prabu