Home » , » Pemkot Janji Bantu Warga Sinar Rambang Cari Solusi

Pemkot Janji Bantu Warga Sinar Rambang Cari Solusi

Written By Posmetro Prabu on 26/01/15 | 1/26/2015

PRABUMULIH, PP - Puluhan masyarakat Desa Sinar Rambang, Kecamatan Rambang Kapak Tengah pagi ini (26/1), sekitar pukul 09.30 WIB melakukan aksi unjuk rasa ke kantor Pemerintah Kota (Pemkot) Prabumulih.

Unjuk rasa warga desa Sinar Rambang yang bergabung bersama sejumlah Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM)  Rambang Lubai Bersatu (RLB), Forum Komunikasi Masyarakat Peduli Hukum (FKMPH), Aliansi Penegak Hukum (APH), serta Kelompok Pencari Kerja (KPK) guna menyatakan sikap untuk menolak keberadaan PT Bumi Tata Khatulistiwa yang beroperasi di wilayah Desa Sinar Rambang tersebut.

Pasalnya, perusahaan sub kontraktor PT Indospec yang bergerak di bidang pengeboran sumur minyak tersebut dipandang tidak mempunyai kepedulian terhadap masyarakat sekitar wilayah operasionalnya.

"Selain itu, PT BTK tidak pernah memberdayakan pekerja lokal sehingga masyarakat hanya sekedar menjadi penonton kegiatan eksplorasi di wilayahnya. Tanpa dilibatkan secara langsung," ujar Ketua LSM RLB, Sastra Amiyadi.

Masyarakat juga menuding adanya indikasi keterlibatan aparat keamanan dari TNI yang menjadi pelindung atau back up perusahaan tersebut. "Terhadap pihak TNI dan Polri kita minta untuk bersikap netral dan memposisikan diri sesuai dengan fungsi dan ugas pokok sebagai penjaga keamanan. Jangan malah membekingi serta menakut-nakuti masyarakat. Sedikit pun kami tidak akan takut dan mundur hingga tuntutan kami terpenuhi," ungkapnya.

Pihaknya juga menuntut agar PT Indospec segera mencabut kontrak kerjasamanya dengan PT BTK dan memberikan kesempatan kepada kontraktor lokal untuk mengambil alih pekerjaan yang dilakukan PT BTK.

"Kami minta utamakan kontraktor lokal karena kontraktor lokal lebih mementingkan masyarakat lokal untuk bekerja di perusahaannya," ucapnya.

Selain itu, masyarakat juga meminta kepada Wali Kota Prabumulih, Ir H Ridho Yahya MM untuk mendukung upaya warga Desa Sinar Rambang dalam mendapatkan hak-haknya. "Kepada pak Wali, kami mohon untuk mendukung perjuangan kami dalam mendapatkan hak," tukasnya.

Rombongan warga pun langsung diterima Pemerintah Kota Prabumulih, yang diwakili oleh Sekretaris Daerah (Sekda), Drs H Djoharuddin Aini MM. Mantan Asisten 1 pemkot Prabumulih ini menyampaikan pihaknya akan berusaha untuk menengahi serta menyampaikan aspirasi yang diinginkan warga.

"Kami memiliki batasan wewenang. Tidak bisa melampaui tugas dan fungsi pokok kami. Yang jelas kita akan cari solusi terbaik bagi semua," pungkas Sekda.

Pantauan di lapangan, aksi unjuk rasa yang dilakukan warga tersebut dijaga ketat oleh ratusan aparat keamanan dari Polres Prabumulih. Rombongan pengunjuk rasa pun langsung membubarkan diri begitu 7 orang perwakilannya diterima Wakil Wali Kota Prabumulih, H Andriansyah Fikri SH di ruang kerjanya untuk membahas masalah tersebut.
Share this article :

Posting Komentar

Situs Berita Online POSMETROPRABU.COM. Pertama dan Terbesar di Kota Prabumulih. Terbit sejak Juni 2011

 
Support : Creating Website | Johny Template | Posmetro Cyber Group
Copyright © 2011. Posmetro Prabu - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Jun Manurung
Proudly powered by Posmetro Prabu