Home » » 2015 KUR Menjadi Kupedes Rakyat

2015 KUR Menjadi Kupedes Rakyat

Written By Posmetro Prabu on 17/01/15 | 17.1.15



SUDIRMAN - Jika ditahun sebelumnya Kredit usaha rakyat (KUR) diprogramkan oleh Pemrintah untuk membantu perekonomian masyarakat di Indonesia, namun sekarang sudah tidak lagi. KUR yang merupakan program pemerintah sudah di stop, seperti di Bank BRI Prabumulih program yang sama seperti KUR sudah menjadi Kupedes Rakyat yang merupakan program dari BRI Pusat.

"Untuk di BRI, KUR sekarang adalah program BRI pusat menjadi Kupedes rakyat, sedangkan Kredit usaha rakyat adalah milik pemerintah. Jika KUR prolaponnya sebesar Rp20 juta namun di kupedes BRI berikan plapon sebesar Rp25 Juta,"kata Yusami kemarin (12/1).

Lanjutnya, Syarat untuk mendapatkan dana Kupedes rakyat juga tidak terlalu sulit, diakuinya memang sampai saat ini sosialisasi tidak dilakukan secara umum ke masyarakat namun terus dilakukan dengan cara pihak BRI. "Perubahan nama program ini suratnya baru masuk 6 januari lalu, namun sampai saat ini sudah ada yang mengajukan karena sebagian nasabah sudah ada yang mengetahui,"tuturnya.

Diketahui program ini diberikan kepada kepada debitur feasible, yaitu nasabah bri baik yang belum mengenal bank atau bangkabel yang tidak sedang mendapatkan kredit dari pihak lain. Syarat lainnya yang harus dipenuhi, calon debitur telah melakukan usahan secara aktif minimil 6 bulan.

"besar plapon kredit yang diberikan maksimal 25 juta, dengan suku bunga 1,25 persen, mengajukan administrasi tidak dipungut biaya. jangka waktu yang ditentukan jika dana untuk modal kerja maka waktu pelunasan selama tiga tahun, sedangkan untuk investasi selama 5 tahun, kupedes juga di asuransikan sebesar 70 persen dari sisa kewajiban pada saat mengajukan klime dengan setinggi sebesar 70persen dari plapon kredit,"jelas pria yang sempat bekerja di BRI Tanjung sakti ini.

Lebih jauh Yusami menjelaskan, masyarakat sudah bisa mengajukan ke BRI kalau sudah memenuhi persyarakat baru diproses, di survey. "yang menentukan kelayakan untuk menerima dana kredit adalah pihak Bank setelah melakukan survey ke lapangan terhadap usaha masyarakat yang mengajukan kupedes, artinya masyarakat yang mengajukan tidak serta merta akan dapat bantuan, melainkan harus melalui proses dan tahapan pemberkasan lalu disurvey oleh tim dari BRI baru pihak BRI menentukan kelayakan atau ketidak layakan,"tandasnya.
Share this article :

Posting Komentar

Situs Berita Online POSMETROPRABU.COM. Pertama dan Terbesar di Kota Prabumulih. Terbit sejak Juni 2011

 
Support : Creating Website | Johny Template | Posmetro Cyber Group
Copyright © 2011. Posmetro Prabu - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Jun Manurung
Proudly powered by Posmetro Prabu