Home » » Penerimaan CPNS Prabumulih, Ridho Yahya Minta Warga Lokal Diprioritaskan

Penerimaan CPNS Prabumulih, Ridho Yahya Minta Warga Lokal Diprioritaskan

Written By Posmetro Prabu on 09/12/14 | 9.12.14

PRABUMULIH, PP - Walikota Prabumulih, Ir H Ridho Yahya MM, menuntut pemerintah pusat harus memprioritaskan warga lokal dalam formasi dan penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) pada tahun-tahun berikutnya. Misalnya, menggunakan kuota 65 persennya untuk orang lokal Prabumulih dan 35 persennya untuk luar daerah.

"Saya kepengen dalam penerimaan pegawai, 65 persennya warga Prabumulih yang lulus jadi CPNS nya jangan luar Prabumulih yang besar. Tujuan ini, untuk mengurangi pengangguran di kota Prabumulih," ujar Ridho, Selasa (9/12) kepada awak media.

Ridho menambahkan, dengan makin banyak diterimanya penduduk asli jadi pegawai maka para pegawai yang lulus tersebut tidak memikirkan untuk pindah tugas. Selain itu, setidaknya dapat membantu mengurangi angka pengangguran di kota Seinggok Sepemunyian.

"Coba kalau yang lulus itu dari luar Prabumulih, maka tak lama pegawai itu akan mengajukan pindah tugas. Dengan berbagai cara mereka lakukan misalnya mencari dekeng yang besar agar bisa pindah. Kalau warga lokal kan mereka tak memikirkan pindah lantaran berdomisili ditempatnya bekerja, serta dapat membantu pembangunan kota," ungkapnya.  

Masih kata Ridho, jika pemerintah pusat tidak mendengarkan aspirasi dari pemerintah daerah maka pihaknya tidak akan membuka lowongan CPNS. "Kalau warga lokal masih tidak jadi prioritas jadi pegawai, untuk apa menerima pegawai lagi. Lebih baik saya menerima PHL saja, kerjanya sama saja dan kita gaji," tegasnya.

Nah, jika nantinya penerimaan pegawai ada, lanjut Ridho, silakan saja pusat yang mengetesnya, kita pemerintah kota tidak akan ikut campur. Namun, persentasenya harus banyak warga lokal yang diterima jadi pegawai setelah melalui serangkai tes. 

"Harus ada kearifan lokal agar putra daerah juga diberi kesempatan. Misalnya 65 persen berbanding 35 persen, yang penting ada keterwakilan putra daerah. Saat ini, sistem tidak menghormati daerah karena tidak mengakomodir keinginan kepala daerah," tandasnya.

Disinggung apakah kota Prabumulih tidak mampu bersaing dengan kota lain, Ridho dengan tegas mengatakan kalau hal tersebut tidak mungkin. Menurutnya, orang pusat ini selalu menganggap daerah tidak mampu, sehingga kerap kali terjadi perbedaan. "Kalau pusat mau komitmen untuk prioritaskan pegawai warga lokal kita laksanakan. Dan kalau mau ada kong kalikong saya tidak mau," pungkasnya
Share this article :

+ komentar + 5 komentar

Posting Komentar

Situs Berita Online POSMETROPRABU.COM. Pertama dan Terbesar di Kota Prabumulih. Terbit sejak Juni 2011

 
Support : Creating Website | Johny Template | Posmetro Cyber Group
Copyright © 2011. Posmetro Prabu - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Jun Manurung
Proudly powered by Posmetro Prabu