Home » , » Pemkot Prabumulih Ogah Bayar Pajak Kenderaan

Pemkot Prabumulih Ogah Bayar Pajak Kenderaan

Written By Posmetro Prabu on 18/12/14 | 18.12.14

PRABUMULIH, PP - Kendaraan dinas roda empat milik Pemerintah Kota Prabumulih ternyata banyak yang belum membayar (menunggak) pajak kendaraan bermotor (PKB). Ironisnya, tunggakan PKB itu jumlahnya sangat banyak dan sudah berlangsung lama.

Berdasarkan penelusuran data di Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Provinsi Sumatera Selatan Samsat Kota Prabumulih, diperoleh informasi yang mengejutkan. Belasan kendaraan dinas yang tercatat milik Pemerintah Kota Prabumulih, baik sepeda motor maupun mobil, belum membayar pajak. Tunggakan pajaknya pun tidak hanya setahun, tapi ada yang sampai lima tahun.

Diketahui, satu diantara belasan Kenderaan Dinas tersebut yang menunggak adalah Mobil berplat nomor BG 1 C dengan yakni Jeep Volvo hitam keluaran 2004 berkapasitas 2.922 CC.

Demikian disampaikan Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Samsat Prabumulih, H Nazaruddin SH kepada wartawan, Rabu (17/12). 

"Hingga saat ini terdapat sebanyak 19 kendaraan dinas pemerintah kota Prabumulih tidak membayar pajak, satu diantaranya kendaraan dinas dengan plat BG 1 C diketahui pernah dipakai walikota," ungkap Kepala UPTD Samsat Prabumulih, H Nazaruddin SH.

Padahal, sesuai dengan UU Nomor 28 tahun 2009 tentang pajak daerah dan retribusi daerah, pemerintah kota/kabupaten tetap berkewajiban membayarkan pajak kendaraan bermotor (PKB). Dalam UU tersebut, PKB adalah pajak atas kepemilikan dan/atau penguasaan kendaraan bermotor yang dipaparkan dalam Pasal 3 sampai Pasal 8 dalam UU No 28 tahun 2009.

Pada Pasal 4 diatur, subjek PKB adalah orang pribadi atau badan yang memiliki dan/atau menguasai kendaraan bermotor. Wajib PKB adalah orang pribadi atau badan yang memiliki kendaraan bermotor. Dalam hal wajib pajak badan, kewajiban perpajakannya diwakili oleh pengurus atau kuasa badan tersebut.

Lantas bagaimana warga bisa taat pajak jika pemerintah juga enggan membayar pajak kenderaannya? 


Share this article :

Posting Komentar

Situs Berita Online POSMETROPRABU.COM. Pertama dan Terbesar di Kota Prabumulih. Terbit sejak Juni 2011

 
Support : Creating Website | Johny Template | Posmetro Cyber Group
Copyright © 2011. Posmetro Prabu - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Jun Manurung
Proudly powered by Posmetro Prabu