Home » » Pajak HO Prabumulih Tidak Capai Target

Pajak HO Prabumulih Tidak Capai Target

Written By Posmetro Prabu on 23/12/14 | 23.12.14

SUDIRMAN, PP - Realisasi target pendapatan pajak dari Izin Gangguan (HO) di Kantor Pelayanan Perizinan Terpadu (KPPT) Pemerintah kota Prabumulih, tahun ini spesimis tidak tercapai. Berdasarkan data KPPT Prabumulih, realisasi untuk penyumbang pendapatan asli daerah dari sektor izin gangguan hingga November baru sekitar Rp 93 juta, sementara target sebesar Rp 200 juta.

Kepala KPPT Prabumulih, Rozali SSos melalui Kasi Pelayanan, Yopi ST MM mengatakan hingga November pendapatan HO baru sekitar Rp 93 juta. Sementara target tahun 2014 harus Rp 200 juta.

“Sangat jauh sekali hasilnya. Hingga Desember pendapatan HO tidak mungkin tercapai. Kita mengalami kesulitan,” Sebut Yopi, baru baru  ini.

Yopi menjelaskan, menurunnya realisasi izin gangguan disebabkan beberapa faktor diantaranya biaya pembayaran izin yang belum naik seperti di Jalan Jendral Sudirman hanya Rp 300 ribu, semestinya sudah harus dinaikkan. Selain itu untuk biaya daftar ulang izin gangguan hanya dikenakan biaya Rp 150 ribu.

“Target HO naiknya begitu drastis untuk tahun 2014 ini. Kalau sebelumnya tahun 2013 Rp 40 juta, sekarang menjadi Rp 200 juta, makanya kita tidak mampu,” ungkapnya.

Namun over target pajak, dikatakan Yopi, justru diperoleh dari pajak bahan mineral bukan logam dan bantuan atau yang lebih dikenal pajak Galian C. Menurut Yopi, perolehan pajak galian C hingga November 2014 telah mencapai Rp 1.503.544.445 atau sekitar sekitar 148,87 persen dengan jumlah izin 273 izin.  Perolehan pajak ini sudah melampaui target yang ditetapkan pemerintah.

“Kalau untuk realisasi galian C sudah meningkat, meski target juga mengalami peningkatan dari 2013 yang hanya Rp 660 juta menjadi Rp 1,1 M pada 2014. Kita optimis hingga akhir tahun realisasi akan mencapai Rp 2 miliar seperti tahun sebelumnya yang mencapai Rp 2,3 miliar,” katanya.

Meskipun mengalami peningkatan signifikan, Yopi menambahkan, untuk tahun 2015 pihaknya spesimis realisasi galian c kembali over target. Pasalnya, realisasi pajak galian c tergantung berapa banyaknya pembangunan di Prabumulih. “Jika pembangunan dilakukan pemerintah sangat banyak pada tahun 2015, kemungkinan realisasi akan meningkat signifikan" ujarnya. (pp/nd)
Share this article :

Posting Komentar

Situs Berita Online POSMETROPRABU.COM. Pertama dan Terbesar di Kota Prabumulih. Terbit sejak Juni 2011

 
Support : Creating Website | Johny Template | Posmetro Cyber Group
Copyright © 2011. Posmetro Prabu - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Jun Manurung
Proudly powered by Posmetro Prabu