Home » , » Ini Tanggapan BPS Soal BLSM Prabumulih Tidak Tepat Sasaran

Ini Tanggapan BPS Soal BLSM Prabumulih Tidak Tepat Sasaran

Written By Posmetro Prabu on 11/12/14 | 11.12.14

PRABUMULIH, PP - Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Prabumulih angkat bicara terkait keluhan dan kekecawan sejumlah masyarakat bahkan Wali Kota Ir H Ridho Yahya MM terkait pendataan untuk penyaluran bantuan program pemerintah pusat bagi warga miskin yang dinilai tidak akurat.
            
Kepada wartawan kemarin (10/12), Kepala BPS Sunita SE MSi melalui Kepala Seksi Statistik Sosial Lia Nurliana Ssi, menuturkan dalam penyaluran Program Simpanan Keluarga Sejahtera (PSKS) yang menggunakan data PPLS tahun 2011 tersebut pemerintah pusat tak lagi melibatkan pihaknya.
            
Wanita asal Cianjur itu menuturkan, jika pihaknya bertugas hanya sebatas melakukan pendataan dilapangan, dan dari hasil pendataan tersebutlah dikirimkan ke Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K). “Memang itu datanya dari PPLS tahun 2011, dan saat ini masih data itu. Namun siapa-siapa penerimanya kita tidak tau sama sekali, karena kita hanya melakukan pendataan, dan data itu kita kirimkan ke pusat yakni tim penanggulangan kemiskinan,” bebernya.
            
Disinggung jumlah pendataan yang dilakukan oleh pihaknya tahun 2011 lalu, wanita berkerudung itu menuturkan sekitar 22 ribu warga miskin dibumi seingok sepemunyian. “Tepatnya berapa kita lupa, tapi sekitar 22 ribu. Dan setelah diseleksi oleh pusat hanya  angka 8 ribu warga RTS yang menerima bantuan dana,” jelasnya.
            
Terkait permintaan Wali Kota agar dalam melakukan pendataan, untuk melibatkan pemerintah kota (pemkot). Lia-begitu disapa- menuturkan kedepan pihaknya akan berkoordinasi dan bekerjasama dengan pihak pemerintah dalam melakukan pendataan masyarakat miskin tersebut.

 “Memang ditahun 2011 kita belum melibatkan pemkot, karena kita memiliki tim sendiri, dan mereka memiliki tim jugakan. Mungkin hanya kurang komunikasi saja. Untuk selajutnya, pendataan nantinya kita akan melibatkan pihak pemkot, kalau sekarang belum bisa kita menunggu instruksi dari pusat. Dan memang kabar-kabarnya ditahun depan akan ada pendataan ulang,” jelasnya.
            
Dalam kesempatan kemarin, Lia juga berharap dalam melakukan penyerahan atau penyerahan dana yang sifatnya bantuan untuk warga miskin yang dilakukan oleh pemerintah agar pihaknya juga dilibatkan.
“Seharusnya, bagi siapa saja ataupun instansi sebelum mengeluarkan program harus mengupdate data terlebih dahulu, karena bisa saja warga yang dari data kita pada tahun sebelumnya dinyatakan miskin, sekarang ini sudah mengalami peningkatan ekonomi, atau malah sebaliknya dengan begitu data selalu update,” tuturnya. (05)
Share this article :

Posting Komentar

Situs Berita Online POSMETROPRABU.COM. Pertama dan Terbesar di Kota Prabumulih. Terbit sejak Juni 2011

 
Support : Creating Website | Johny Template | Posmetro Cyber Group
Copyright © 2011. Posmetro Prabu - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Jun Manurung
Proudly powered by Posmetro Prabu