Home » , , » Dinkes Muara Enim Gelar Pembagian Obat Pencegahan Kaki Gajah

Dinkes Muara Enim Gelar Pembagian Obat Pencegahan Kaki Gajah

Written By Posmetro Prabu on 17/12/14 | 12/17/2014

SUNGAI ROTAN, PP - Dinas Kesehatan Kabupaten Muara Enim, melalui Posyandu Desa Suka Cinta Kecamatan Sungai Rotan membagikan obat pencegahan penyakit kaki gajah kepada sebanyak 1878 orang warga masyarakat di daerah itu Rabu (17/12/2014).

"Obat pencegahan kaki gajah mulai dibagikan kepada warga," kata Kepala Dinas Kesehatan Muara Enim melalui ketua Posyandu yang juga  bidan desa ( bides ) Sukacinta, Marina.

Ia mengatakan, pembagian dua jenis obat, yakni Albendazol atau obat cacing dan DEC yang mematikan mikrofilaria di dalam darah, merupakan program dinkes Muara Enim dalam upaya  untuk mencegah wabah penyakit kaki gajah.

Sedangkan sasarannya, lanjutnya, sebanyak 1878 orang warga setempat yang telah berusia diatas dua tahun.  Sementara saat ini di Sungai Rotan telah ditemukan dua warga desa Danau Rata yang terserang penyakit kaki gajah.

Disinggung batas usia maksimal yang menjadi sasaran program pemberantasan penyakit kaki gajah, Marina mengatakan bahwa sesuai petunjuk boleh 70 tahun. Karena pertimbangan orang tua di sumatera lebih rentan dengan darah tinggi, sehingga usia dibatasi 55 tahun.

Namun, lanjutnya, tidak masalah kalau ada orang tua seperti di pemukiman transmigrasi di daerah itu usia 60 tahun yang mau meminum obat tersebut.

Yang diantisipasi memberikan obat tersebut kepada orang usia tua, katanya, karena obat rentan penyakit berat hipertensi. Penderita hipertensi bisa mengalami mual, muntah, dan pusing.

"Dengan hal hal seperti itu dapat menyebabkan orang lain tidak mau minum obat itu. Jadi kita batasi usianya," ujarnya.

Sementara pantauan posmetroprabu.com dilapangan, dalam memberikan pelayanan kepada warga Posyandu juga melibatkan unsur terkait misalnya ketua PKK , Karang Taruna, Ibu Kepala Desa, BPD dan Pelajar. (pp/dv)
Share this article :

Posting Komentar

Situs Berita Online POSMETROPRABU.COM. Pertama dan Terbesar di Kota Prabumulih. Terbit sejak Juni 2011

 
Support : Creating Website | Johny Template | Posmetro Cyber Group
Copyright © 2011. Posmetro Prabu - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Jun Manurung
Proudly powered by Posmetro Prabu