Home » , , » Antisipasi Imbas Kenaikan BBM, Pemkot Prabumulih Bentuk TPID

Antisipasi Imbas Kenaikan BBM, Pemkot Prabumulih Bentuk TPID

Written By Posmetro Prabu on 15/12/14 | 12/15/2014

PRABUMULIH, PP - Tidak stabilnya perekonomian masyarakat, ditambah lagi dengan kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) yang berimbas pada kenaikan beberapa harga komiditi bahan pokok menjadi pekerjaan serius bagi pemerintah kota (pemkot).
            
Tentu saja jika kenaikan harga yang secara terus menerus tak dapat dikendalikan akan berdampak pada menurunnya nilai mata uang atau Inflasi. Hal tersebutlah yang membuat kota Prabumulih membentuk Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID).
            
Dan tentu saja jika Inflasi tidak dapat dikendalikan maka akan berdampak pada perekonomian masyarakat terutama yang berpenghasilan rendah seperti halnya para petani yang saat ini masih terpuruk dengan harga karet belum stabil.
            
Nah, dengan mulai terbentuknya TPID yang diketuai oleh Sekertaris Daerah itu dituntut untuk dapat menjaga kestabilan harga agar tetap terjangkau oleh masyarakat.
            
“Memang selama ini sudah berbagai upaya dilakukan untuk menekan harga seperti pasar murah. Namun kali ini kita dituntut untuk lebih maksimal dalam menekan harga, dengan TPID yang melibatkan beberapa instansi,” beber Kabag Ekonomi Haryadi SE.
            
Haryadi menuturkan, meski baru terbentuk namun TPID yang beranggotakan beberapa instansi terkait untuk selalu berkoordinasi dan menjalankan tugas sesuai pokok dan fungsinya. “Dinas-dinas harus aktif membantu TPID, seperti dishub misalnya harus konsisten menjaga kelancaran distribusi barang, kemudian Dinas pertanian dan badan penyuluhan untuk menjaga ketersediaan pangan,” imbuhnya.
            
“Terlebih menjelang lebaran, harga-harga akan mengalami kenaikan, jadi intinya kita harus mengetahui kondisi dilapangan, mengambil langkah cepat upaya pencegahan atau mencari solusi atas apa yang dihadapi masyarakat dari segi perekonomian
            
Dijelaskan Haryadi, selain menggandeng dinas terkait pihaknya juga bekerjasama dengan BI yang merupakan Bank Sentral dan juga Badan Pusat Statistik. “Data yang dimiliki BPS, akan kita sinkronkan dengan program kita nantinya,” jelasnya.
Share this article :

Posting Komentar

Situs Berita Online POSMETROPRABU.COM. Pertama dan Terbesar di Kota Prabumulih. Terbit sejak Juni 2011

 
Support : Creating Website | Johny Template | Posmetro Cyber Group
Copyright © 2011. Posmetro Prabu - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Jun Manurung
Proudly powered by Posmetro Prabu