Home » , » Ogan Ilir Krisis Udara Sehat dan Air Bersih

Ogan Ilir Krisis Udara Sehat dan Air Bersih

Written By Posmetro Prabu on 03/11/14 | 3.11.14


OGAN ILIR, PP - Kabut asap lagi, kabut asap lagi. Tak bisa lagi apa pembakar lahan ini ditindak tegas. Sekedar bernafas aja lagi susahnya mintak ampun, belum air sumur sudah mengering. Lengkap sudah penderitaan rakyat di Ogan Ilir ini, ketus warga bernama Hamzah seusai mengantarkan keponakannya ke Sekolah di SDN 14 Indralaya Utara pagi tadi Senin (03/11/2014).

Ungkapan Hamzah ini setidaknya mewakili ribuan masyarakat Kabupaten Ogan Ilir. Dimana pagi tadi kabut asap tebal menyelimuti hingga jarak pandang hanya berkisar lima meter saja. Saking tebalnya, pagi itu warga tidak berani membuka pintu rumah lantaran takut kabut asap masuk kedalam. 

Beberapa photo yang berhasil diabadikan posmetroprabu menggambarkan jika Ogan Ilir saat ini bisa dipastikan sedang krisis udara sehat. Meski begitu, pihak Sekolah di Ogan ilir Senin Pagi tadi tampaknya belum meliburkan siswanya. Walau kabut asap menyelimuti dan menyisakan jarak pandang hanya lima meter, para siswa masih berjibaku menembus pekatnya kabut menuju sekolah masing-masing.

Kepala Sekolah SDN 14 Indralaya Utara kepada posmetroprabu.com mengaku sebenarnya sudah mendapat izin dari Dinas Pendidikan Ogan Ilir untuk meliburkan siswanya. Namun mengingat siswa yang sudah pada ngumpul semua di sekolah membuat pihaknya berpikir ulang untuk meliburkan. Pasalnya, anak-anak sekolah disini kebanyakan diantar langsung oleh orang tua dan tidak mungkin pihak sekolah menyuruh siswanya pulang begitu saja sementara orang tua yang mengantar tadi sudah pulang duluan.

"Iya pak benar itu. Sebenarnya Dinas Pendidikan sudah mengeluarkan izin untuk meliburkan siswa pada hari ini mengingat Kabut asap yang kian tebal. Namun karna murid kita disini mayoritas diantar oleh orang tuanya kesekolah dan sudah balik lagi kerumah membuat rencana meliburkan diurungkan. Takutnya nanti terjadi apa-apa sama siswa ditengah jalan siapa yang bertanggungjawab" ujar Kasek SDN 14 menjawab posmetroprabu.

Dikatakan, pihaknya lebih memlih meneruskan kegiatan belajar dan mengajar seperti biasanya karna didalam ruangan kelas tampak aman dari kabut asap. Mudah-mudahan siang nanti kabut asap bisa hilang, harapnya.

Informasi yang dapat dihimpun posmetroprabu.com. Di Kabupaten Ogan Ilir selain krisis udara sehat, saat ini kekeringan juga mengancam warga sekitar. Puluhan warga di Jalan Sarjana Kelurahan Timbangan Indralaya Utara mulau mengeluhkan kekeringan air sumur. Beberapa warga di perumahan Bunga Mas tampak kesulitan air bersih. (pp/rd)
Share this article :

Posting Komentar

Situs Berita Online POSMETROPRABU.COM. Pertama dan Terbesar di Kota Prabumulih. Terbit sejak Juni 2011

 
Support : Creating Website | Johny Template | Posmetro Cyber Group
Copyright © 2011. Posmetro Prabu - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Jun Manurung
Proudly powered by Posmetro Prabu