Home » » Ikan Tapah Seberat 70 Kg Berhasil Ditangkap Warga Sekayu

Ikan Tapah Seberat 70 Kg Berhasil Ditangkap Warga Sekayu

Written By Posmetro Prabu on 26/11/14 | 26.11.14


SEKAYU, PP - Sungguh beruntung nasib Mulyadi (40) warga lingkungan 1 RT 1 RW 1 Kelurahan Kayuare beserta tiga temannya yakni Lek Gimin (70), Suwandi (34), dan Sidi (38).

Betapa tidak, ketika Ia melewati kanal milik salah satu perusahaan perkebunan sawit diberang Sekayu, Ia diteriaki warga jika ada tilapan ikan tapah di dalam kanal, dengan sigap Ia dan tiga temanya langsung memasang jerat menggunakan kayu, dan tepat sekali ikan tapah yang diincar masuk dan berhasil ditangkapnya.

“Kami merasa penasaran adanya ikan tapah melintas di kanal, maka itu bersama teman saya tunggu. Alhasil betapa terkejut ikan tapah yang dilihat cukup besar, sehingga saya langsung menggiring bersama rekan menggunakan kayu-kayu yang didapat untuk ke daerah yang kedalamannya cukup rendah. Karena kami giring mulai dari kedalaman 1,5 meter hingga ikan itu kesulitan untuk berenang,” terang Gimin begitu semangat, Rabu (26/11)

Lanjut pria yang perawakannya orang jawa ini, penangkapan ikan tapah raksasa ini bukan sebuah perkara yang mudah, sebab ikan dengan panjang 1.6 Meter dan berdiamter 55 Cm ini selalu berontak.

Akhirnya dengan terpaksa, Suwandi yang memegang parang langsung mengapak ikan tersebut, dan akhirnya ikan tidak lagi berontak lalu diangkat kekapal ketek.

“Kami angkat gunakan kapal ketek, dan diseret menggunakan tali diikat kehidung ikan. Itupun kami angkat orang empat, karena sangat berat,”katanya.

Berapa harga ikan, Gimin menuturkan, sekarang ini belum tahu berapa harganya, tapi banyak warga bilang 1 kilogram ikan tapah harganya Rp 70 ribu.

”Kami tidak tahu mau diapakan, tetapi Mulyadi sudah kepasar untuk mencari pembeli yang akan membeli ikan tapah dengan berat 70 kilogram tersebut,”tandasnya.

Berdasarkan pantauan dilapangan, ikan tapah raksasa dengan panjang 1,6 meter dengan lingkar bagian dada 55 centimeter ini menjadi tontonan warga sekitar kediaman Mulyadi seperti ibu-ibu dan anak-anak yang merasa terkejut melihat ikan sebesar orang dewasa tersebut.

Untuk diketahui, Ikan Tapah ialah salah satu spesies ikan duri air tawar dalam famili siluridae yang hidup disungai dan tasik besar, dengan dasar sungai berlumpur dan air yang mengalir perlahan. Ikan ini amat lembap dan biasa menyembunyikan diri didalam lubang-lubang yang terdaoat ditebing sungai.

“Waw, besarnya ikan ini, lebih besar dari badan aku,”ujar seorang anak yang menyaksikan ikan yang berada di dalam gerobak sorong ini. (net)
Share this article :

Posting Komentar

Situs Berita Online POSMETROPRABU.COM. Pertama dan Terbesar di Kota Prabumulih. Terbit sejak Juni 2011

 
Support : Creating Website | Johny Template | Posmetro Cyber Group
Copyright © 2011. Posmetro Prabu - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Jun Manurung
Proudly powered by Posmetro Prabu