Home » » Sidang Lanjutan Kasus Dugaan Pembunuhan Leni, Terdakwa Ngotot Tidak Bersalah

Sidang Lanjutan Kasus Dugaan Pembunuhan Leni, Terdakwa Ngotot Tidak Bersalah

Written By Posmetro Prabu on 17/10/14 | 10/17/2014


MUARA ENIM, PP - Untuk  kesekian kalinya  dalam persidangan yang digelar Pengadilan Negeri Muara Enim [16/10], dengan dua tersangka kala penangkapannya diduga sangat kontroversi tersebut , dan kini keduanya telah menjadi terdakwa ,yakni Riki [30] dan Nurmin [60], warga desa Spantan Jaya,Kecamatan Penukal,Kabupaten Pali, atas terkait tewasnya Leni[29] warga desa yang sama tersebut, ternyata Jaksa Penuntut Umum [JPU ] dalam pembacaan tuntutannya dipersidangan  kedua terdakwa  diancam  dengan hukuman 15 tahun penjara.

Sementara dalam sidang pembacaan tuntutan oleh Jaksa terhadap kedua terdakwa Riki dan Nurmin ,yang disebut-sebut oleh keluarga dan kolega bahwa keduanya bukan seorang pembunuh ini  ditanggapi keras oleh keluarga dan kerabat , Novi [35] seorang kerabat kedua terdakwa saat menyaksikan persidangan mengungkapkan, tuntutan dari Jaksa terhadap Riki dan Nurmin sungguh sangat tidak adil. 

Seharusnya jaksa penuntut lebih mengacu pada data dan fakta maupun saksi, jika kita kembali kebelakang dalam kasus yang disangkakan kepada Riki dan Nurmin sebetulnya keduanya tidak terlibat dalam tewasnya Leni, keduanya sepertinya dipaksakan dalam kasus tersebut seolah-olah ia pembunuhnya, anehnya juga  Riki dan Nurmin yang telah ditangkap kala itu, dalam rekontruksi justru dilakukan dihalaman polsek Penukal ,tidak di TKP ,serta kasus ini tidak didukung saksi-saksi yang kuat kala penagkapan maupun dalam persidangan" ujarnya .

Hal sama juga dilontarkan Hermanto [45] saat usai pembacaan putusan sidang oleh Jaksa terhadap Riki dan Nurmin , ia tetap meyakini bahwa keduanya memang tidak bersalah ,dan bukannya ia pelakunya , karena saat kejadian keduanya ini tengah beraktipitas bersama istrinya, seharusnya Jaksa penuntut dalam membacakan tuntutan terhadap Riki dan Nurmin lebih teliti dan mendalami dugaan kasus yang disangkakan terhadap Riki dan Nurmin tersebut,’’ ungkap Hermanto.

Sementara  Reza SH, Jaksa Penuntut Umum [JPU] dalam kasus persidangan di PN Muara Enim yang dipimpin ketua majelis hakimnya  Abu Hanifah SH MH dengan terdakwa Riki dan Nurmin,  ketika dikonfirmasi Sk.Cakrawala terkait hal tersebut mengutarakan   ‘’dalam  pembacaan tuntutan ini karena mengacu pada pasal 340 KUHAP , dan ini sifatnya masih sementara , namun tidak menutup kemungkinan bisa berubah jika pembelaan dari  kuasa hukumnya  dapat menjadi pertimbangan majelis Hakim yang terhormat,’’ucapnya pada pers.

Riki dan Nurmin kedua terdakwa ketika dibincangi posmetro menanggapi hal tersebut mengungkapkan , dirinya tetap berpendirian bahwa mereka bukan pelakunya, dan ini tidak adil, karena penangkapan kami kala itu dipaksakan, dan tidak diperkuat saksi –saksi yang jujur.

Dikatakan,  kala itu hal serupa, dirinya juga pernah ditawarkan menjadi saksi oleh keluarga korban, namun ia menolak, sementara dalam kasusnya ia meyakini hingga ia dijebloskan kepenjara bahwa akibat saksi bayaran dari pihak korban, dan saya tetap bersumpah bukan saya pelakunya, bebernya.

Sayangnya dalam persidangan kedua terdakwa serta proses penangkapan menuai kontroversi. Dimana  saat portal ini mencoba melakukan konfirmasi kepada keluarga korban justru tidak satupun keluarga korban terlihat dalam persidangan. 

Sementara ditempat terpisah, aktivis LSM Sigap Sumsel Suhaimi SH menanggapi hal tersebut kasus ini meminta agar pihak JPU tidak terlalu buru-buru melakukan tuntutan. JPU juga diminta meninjau ulang kembali kasus tersebut sebab penyidik diduga tidak mempunyai bukti yang  kuat dan terkesan memaksakan kehendak dalam penetapan tersangka pada Riki dan Nurmin yang dituduh sebagai dalang dibalik kematian Leni, ujarnya.[US, JN ]
Share this article :

Posting Komentar

Situs Berita Online POSMETROPRABU.COM. Pertama dan Terbesar di Kota Prabumulih. Terbit sejak Juni 2011

 
Support : Creating Website | Johny Template | Posmetro Cyber Group
Copyright © 2011. Posmetro Prabu - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Jun Manurung
Proudly powered by Posmetro Prabu