Home » , » Puluhan Ribu Warga Prabumulih Tumpah ke Jalan

Puluhan Ribu Warga Prabumulih Tumpah ke Jalan

Written By Posmetro Prabu on 18/10/14 | 18.10.14

PRABUMULIH, PP - Pawai karnaval Dirgahayu HUT Kota Prabumulih ke 13 kali ini cukup meriah dan terbukti puluhan ribu warga kota tumpah ruah disepanjang jalan protokol. Pawai yang menampilkan berbagai ragam busana dan potensi Kota Prabumulih tersebut diikuti Ribuan peserta kelompok pelajar SD, SMP, MTs,SMK, SMA, MA se Kota Prabumulih hingga organisasi dan masyarakat umum.


Puluhan ribu warga tampak antusias menyaksikan iringan pawai yang mengambil lokasi start depan gedung DPRD Kota Prabumulih hingga finish di Simpang Prabu Jaya Jalan Jenderal Sudirman. Berbagai jenis busana juga tampak ditampilkan pada karnaval kali ini. Termasuk diantaranya kostum siaran drama kolosal Mahabarata. Ada juga penampilan pengantin adat khas Prabumulih serta penampilan kostum busana prajurit Sriwijaya.

Karnaval yang dilaksanakan pada 18 Oktober setiap tahunnya ini merupakan agenda tahunan Kota Prabumulih memperingati berdirinya Kota Prabumulih sebagai daerah otonomi baru (DOB) di Indonesia yakni Kota Pemekaran dari Kabupaten Muara Enim. Sekedar mengingatkan kembali, Prabumulih sebelumnya adalah bagian dari Pemerintahan Kabupaten Muara enim dengan status sebagai Kota Administratif (Kotip). Setelah melalui banyak pertimbangan dan dinilai mampu berdiri sebagai Pemerintahan Baru maka Masyarakat Bumi Seinggok Sepemunyian mengajukan agar Prabumulih dijadikan sebagai DOB dengan status Pemerintahan Kota.

Tahapan demi tahapan pun telah dilalui untuk mewujudkan status Prabumulih sebagai DOB atau Pemerintahan Kota. Berbagai tantangan pun sempat menjadi kendala saat pembentukannya dulu. Namun berkat kerja keras para pejuang pembetukan Kota Prabumulih akhirnya membuahkan hasil dan Kota Prabumulih resmi menjadi DOB di Tanah Air dan diresmikan oleh Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia pada tanggal 17 Oktober 2001 silam.

Share this article :

Posting Komentar

Situs Berita Online POSMETROPRABU.COM. Pertama dan Terbesar di Kota Prabumulih. Terbit sejak Juni 2011

 
Support : Creating Website | Johny Template | Posmetro Cyber Group
Copyright © 2011. Posmetro Prabu - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Jun Manurung
Proudly powered by Posmetro Prabu