Home » » Polda Sumsel Bidik Kasus Tukar Guling RSUD Prabumulih

Polda Sumsel Bidik Kasus Tukar Guling RSUD Prabumulih

Written By Posmetro Prabu on 05/10/14 | 5.10.14


PALEMBANG, PP - Ditreskrimsus Polda Sumatera Selatan (Sumsel) melirik lahan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Prabumulih. Karena lahan itu diduga kuat bermasalah terkait status tukar guling.

Kasubdit III Ditreskrimsus Polda Sumsel AKBP Imran Amir mengutarakan, kasus lahan RSUD telah dilimpahkan ke Polda Sumsel sejak satu pekan lalu.

Menurut Imran, alasan pelimpahan adalah kasus ini diduga melibatkan banyak pihak yang sudah menjabat di luar Pemkot Prabumulih.

"Sejauh ini masih sebatas klarifikasi terkait indikasi dugaan tipikor lahan RSUD Prabumulih," katanya, belum lama ini.

Dia mengatakan, sampai saat ini pihak-pihak yang diduga terkait dalam proyek ini sedang dilakukan penyelidikan. Setelah ditemukan indikasi kerugian negara, barulah akan diaudit lewat koordinasi dengan BPK Palembang.

" Salah satu dokumen yang akan dilengkapi adalah surat permohonan perluasan lahan, yang dikirimkan pihak rumah sakit ke Pemkot Prabumulih," tambahnya.

Diceritakan Imran, lahan yang kini ditempati RSUD bersumber dari anggaran Pemkot Prabumulih di tahun 2009-2010, berkisar Rp 2,6 miliar. Belum diketahui persis berapa luas lahannya.

"Yang berperkara itu hanya lahannya. Kita tidak mempersoalkan banguan rumah sakitnya," kata Imran.

Lahan RSUD Prabumulih ini, kata Imran, dulu ditangani Sekda Prabumulih yang kini sudah berganti orang. Dibentuklah tim untuk mengurusi pengadaan lahan ini bernamakan Tim Panitia Pengadaan Tanah.

Dalam pelaksanaannya, lahan ini diketahui dimiliki dengan proses tukar guling. Dengan kata lain, lahan itu sebelumnya sudah dimiliki oleh orang dan dimiliki setelah melakukan tukar guling tanah. Proses tukar guling inilah yang sedang didalami oleh Ditreskrimsus Polda Sumsel.

"Tukar guling itu harus ada Surat Operasional Prosedur atau SOP-nya. Ini yang masih kita dalami, juga dengan mencari kerugian negara yang ditimbulkannya," kata Imran













Sumber : rmol.com
Share this article :

Posting Komentar

Situs Berita Online POSMETROPRABU.COM. Pertama dan Terbesar di Kota Prabumulih. Terbit sejak Juni 2011

 
Support : Creating Website | Johny Template | Posmetro Cyber Group
Copyright © 2011. Posmetro Prabu - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Jun Manurung
Proudly powered by Posmetro Prabu