Home » , » Pemkot dan PNPM Berkomitment Berantas Kemiskinan di Prabumulih

Pemkot dan PNPM Berkomitment Berantas Kemiskinan di Prabumulih

Written By Posmetro Prabu on 24/10/14 | 10/24/2014


PANGKUL, PP - Melalui kegiatan lokakarya pihak Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri Perkotaan Prabumulih ingin menyamakan persepsi untuk mengatasi sekaligus mengentaskan kemiskinan melalui program-program yang telah dijalankan selama ini.

"Kalau sudah sama persepsinya, maka akan lebih memudahkan ke depannya untuk penanggulangan kemiskinan di kota ini," ujar Kordinator PNPM Mandiri Perkotaan Prabumulih, M Hatta melalui Asistennya, Adi Saputra kepada portal ini kemarin (23/10) usai kegiatan tersebut yang dilaksanakan di Ruang Rapat Lantai 1 Gedung Pemerintah kota (Pemkot) kemarin (23/10).

Sekretaris Daerah (Sekda), Drs H Djoharuddin Aini MM yang mewakili Wali kota (Wako), Ir H Ridho Yahya MM menjelaskan, kalau masalah kemiskinan bukan hanya sekedar masalah ekonomi semata. Namun, lebih bersifat dimensional mulai dari lunturnya nilai luhur dari internal dan juga ekternal masyarakat.

"Seperti ekonomi, poilitik dan sosial yang dapat berdampak pada kesejahteraan, dan juga berdampak pada terbatasnya sumber daya yang merupakan kunci hidup secara layak," terangnya.

Dia menuturkan, akibatnya masyarakat terpaksa hidup dibawah standar yang layak, mengurangi aspek sosial, dan tidak dimiliki aset fisik sebagai kebutuhan hidup. Rendahnya kualitas sumber daya manusia (SDM) yang cukup, sehingga tidak bisa memenuhi kebutuhan hidup serta mereka tidak memiliki benda-benda fisik juga menjadi permasalahan kemiskinan yang menghancurkan kualitas manusia.

Sambungnya, untuk mengatasi hal itu pihaknya telah bekerja dengan pihak swasta berupaya memberikan bantuan eksternal, dan menumbuhkan kesadaran pada warga miskin. Untuk menumbuhkan kesadaran dan motivasi dalam memperbaiki kesejahteraan.

"Pemkot sangat konsen dan berkomitmen dalam penanggulangan kemiskinam. Selain melalui PNPM, kita juga berinovasi untuk menanggulangi masalah kemiskinan tersebut. Melalui berbagai program yang ada, seperti Baznas berupa beda rumah, bantuan permodalan dan lain-lain," jelasnya.

Lalu, Salah Seorang Nara Sumber Provinsi, Andarto menjelaskan, kalau arah PNPM pada tahun mendatang. Permasalahan kemiskinan, dan pembangunan infrastruktur permukiman memerlukan perhatian secara komprehensif dengan target pengurangan kemiskinan hingga 8 persen.

"Untuk mewujudkan targetan pembangunan tersebut, perlu adanya kerja sama dari Pemerintah dan swasta melalui dana CSR dan lainnya agar masyarakat sama-sama dapat menikmati hidup layak," katanya.
Share this article :

Posting Komentar

Situs Berita Online POSMETROPRABU.COM. Pertama dan Terbesar di Kota Prabumulih. Terbit sejak Juni 2011

 
Support : Creating Website | Johny Template | Posmetro Cyber Group
Copyright © 2011. Posmetro Prabu - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Jun Manurung
Proudly powered by Posmetro Prabu