Home » » PWI Prabumulih Tolak RUU Pilkada Tak Langsung

PWI Prabumulih Tolak RUU Pilkada Tak Langsung

Written By Posmetro Prabu on 10/09/14 | 10.9.14

PRABUMULIH, PP - Kendati Wacana pengembalian sistem pemilihan kepala daerah (pilkada) secara tidak langsung melalui DPRD kabupaten/ kota masih dalam pembahasan tim panitia keja (Panja) Rancangan Undang-Undang (RUU) Pilkada di DPR RI, namun penolakan sudah mulai bermunculan di tingkat Daerah.

Penolakan kali ini datang dari lembaga independent yakni persatuan wartawan indonesia (PWI) Cabang Kota Prabumulih. Dalam pertemuan bulanan yang digelar oleh PWI Selasa kemarin (9/9/14) di Sekretariat PWI banyak pembicaraan mengarah kepada sistem pemilihan Kepala Daerah secara tidak langsung yang sedang digodok oleh DPR RI untuk dijadikan UU.

PWI Prabumulih menilai bahwa pilkada saat ini memang tidak lebih baik dari yang diharapkan. Namun, bukan berarti hal tersebut lantas dijadikan alasan untuk mengembalikan mekanisme pilkada ke sistem pemilihan tidak langsung. 

”Dinamikanya memang buruk, namun bukan berarti hal tersebut dijadikan acuan untuk membuat perundangan baru untuk mengembalikan sistem pemilihan Kepala Daerah ke DPRD. Pilkada tak langsung sangat tidak baik bagi kehidupan berdemokrasi di Indonesia. Pemilihan Kepala Daerah secara tak langsung itu kemunduran demokrasi di Indonesia" ujar Ketua PWI Prabumulih.

Hal senada juga datang dari salah seorang pengurus PWI Kota Prabumulih bernama Mulwadi. Menurut Kemong (panggilan Mulwadi), pemilihan umum secara langsung telah banyak menghasilkan Kepala Daerah yang berkualitas. Hal ini menurut Kemong perlu dipertimbangkan oleh DPR untuk segera mengabaikan RUU pemilihan secara tak langsung.

Jika pemilihan Kepala daerah diserahkan ke DPRD ditakutkan tidak ditemukan lagi sosok Kepala Daerah yang blusukan ke dusun-dusun seperti yang telah dilakukan oleh Walikota Prabumulih Ir.Ridho Yahya, Presiden Terpilih Joko Widodo, Walikota Surabaya Risma Harini, Walikota Bagor dan masih banyak lagi Kepala Daerah berprestasi hasil pemilihan secara langsung oleh rakyat, tegasnya.
Share this article :

Posting Komentar

Situs Berita Online POSMETROPRABU.COM. Pertama dan Terbesar di Kota Prabumulih. Terbit sejak Juni 2011

 
Support : Creating Website | Johny Template | Posmetro Cyber Group
Copyright © 2011. Posmetro Prabu - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Jun Manurung
Proudly powered by Posmetro Prabu