Home » » Percepat Pembangunan, Pemkot Prabumulih Bentuk BUMDes

Percepat Pembangunan, Pemkot Prabumulih Bentuk BUMDes

Written By Posmetro Prabu on 29/09/14 | 9/29/2014




Pemerintah Kota Prabumulih melalui dinas Badan pemberdayaan masyarakat pemerintah kelurahan desa (BPMPKD) Kota Prabumulih hari ini, senin (29/9), mengadakan  sosialisasi pembentukan badan usaha milik desa (BUMDes).

Dilakukan sosialisasi tersebut, guna setiap desa yang ada dikota Prabumulih nantinya memiliki BUMDes untuk mengelolah kegiatan perekonomian yang ada didesa. Hal ini bertujuan agar desa desa tersebut dapat mandiri dan mengembangkan perekonomian di masing masing desa. Pembentukkan BUMDes juga untuk mensiasati kurang berkembangnya perekonomian di wilayah pedesaan akibat ketergantungan terhadap bantuan Pemerintah,

Dalam sosialisasi Pembentukkan BUMDes tersebut, kepala dinas Badan pemberdayaan masyarakat pemerintah kelurahan desa (BPMPKD) Kota Prabumulih, Drs.Yoseph Manjam, melalui kabid teknologi tepat guna, Dian Handayani SE MSi mengatakan jika pembangunan BUMDes tersebut dimaksudkan sebagai upaya untuk mendorong tumbuh kembang lembaga ekonomi desa menjadi BUMDes guna menampung kegiatan ekonomi masyarakat.

"BUMDes tersebut berupa lembaga yang berkembang menurut adat setempat maupun kegiatan perekonomian yang diserahkan untuk dikelolah oleh masyarakat melalui program pemerintah, yang nantinya dapat menjadikan masyarakat desa tersebut mandiri," ungkapnya.

Dian melanjutkan, untuk itu pihaknya melakukan sosialisasi kepada para kepala desa yang ada dikota Prabunulih tentang bagaimana cara pembentukkan BUMDes tersebut.

"Disini kita cuma memberitahu bagaimana cara dan bahannya saja. Sedangkan untuk membentuk BUMDes tersebut, merekalah (kepala desa) yang akan membentuk dan menghimpun usaha usaha yang ada didesanya untuk menjadi BUMDes," ujarnya.

Masih kata Dian, modal BUMDes tersebut, nantinya akan menggunakan dana operasional dari APBD yang akan dikucurkan per semester.

"Untuk itu, kita harapkan BUMDes tersebut secepatnya dibentuk agar tahun depan kita tinggal memberikan sosialisasi tentang pengembangannya saja," terangnya.


Share this article :

Posting Komentar

Situs Berita Online POSMETROPRABU.COM. Pertama dan Terbesar di Kota Prabumulih. Terbit sejak Juni 2011

 
Support : Creating Website | Johny Template | Posmetro Cyber Group
Copyright © 2011. Posmetro Prabu - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Jun Manurung
Proudly powered by Posmetro Prabu