Home » » Pemkot Prabumulih Akan Maksimalkan Panen Padi

Pemkot Prabumulih Akan Maksimalkan Panen Padi

Written By Posmetro Prabu on 09/09/14 | 9.9.14



Warga Payu Putat Kecamatan Prabumulih Barat, hari ini, Selasa (9/9), mengadakan acara Panen Raya Inbrida Tahun 2014, dalam acara tersebut, turut mengundang Pemerintah Kota Prabumulih, dalam hal ini diwakilkan oleh Sekertaris Daerah (sekda) Kota Prabumulih, Drs H Djoharuddin Aini MM. Acara tersebut juga dihadiri, perwakilan dari Dinas Pertanian Provinsi, Sekertaris Pertanian Provinsi, serta kepala SKPD Pemkot Prabumulih.

Sekertaris Daerah (sekda) Kota Prabumulih, Drs H Djoharuddin Aini MM, saat dikondirmasi seusai acara tersebut mengatakan pihaknya akan mencari solusi agar kualita panen padi di desa Payu Putat dapat ditingkatkan.

“kita akan carikan solusi permasalahan tersebut, agar nantinya kualitas panen dapat ditingkatkan. Untuk itu kita akan membentuk tim khusus dan berkoordinasi dengan dinas dinas terkait,” ungkapnya.

Djohar beralasan, ditingkatkannya kualitas panen tersebut, karena dalam kurun waktu satu tahun, petani padi di Payu Putat hanya dapat melakukan sekali panen saja.

“untuk itu kalau bisa nantinya para petani dapat melakukan panen setahun itu, dua sampai tiga kali panen. Dan nantinya akan kita carikan solusinya,” jelasnya.

Djohar juga mengatakan pihaknya akan memaksimalkan pengolahan lahan yang dinilai belum aktif, agar dapat menambah kualitas panen.

“lahan yang masih aktif ini untuk satu kali tanam antara 300 sampai 500 hektar tiap tahunnya. Sebenarnya jika dioptimalakan, maka lahan yang bisa dimanfaatkan kurang lebih 100 hektar. Untuk menungkatkan kualitas panen, nantinya lahan yang belum aktif tersebut, akan kita optimalkan lagi.” Jelasnya.

Untuk itu, Djohar menuturkan pihaknya akan memperbaiki sarana dan prasarana, serta kualitas benih dan irigasi. Agar dapat menunjang proses pertanian.

“nantinya kita akan tingkatkan produksinya dengan optimalisasi lahan. Jadi kita bisa menaikan IP nya 200 per 2 kali tanam. Karena jika padi sudah dua sampai tiga kali tanam, maka akan terjadi penurunan 0,5%,” tuturnya.(dsd)
Share this article :

Posting Komentar

Situs Berita Online POSMETROPRABU.COM. Pertama dan Terbesar di Kota Prabumulih. Terbit sejak Juni 2011

 
Support : Creating Website | Johny Template | Posmetro Cyber Group
Copyright © 2011. Posmetro Prabu - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Jun Manurung
Proudly powered by Posmetro Prabu