Home » , » Oktober Jalan Lingkar Berubah Status

Oktober Jalan Lingkar Berubah Status

Written By Posmetro Prabu on 18/09/14 | 9/18/2014


PRABUMULIH - Jika tidak ada halangan, pada Oktober 2014 ini, ialan lingkar atau ring road akan berubah statusnya menjadi jalan negara. Semua kendaraan bebas melintas tanpa dibatasi waktu. 

"Diperkirakan Oktober 2014 nanti berubah status menjadi jalan negara, semua kendaraan bebas dapat melintas," ujar Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kota Prabumulih, Drs H Syarifuddin AK MM, kepada wartawan,  belum lama ini.

Dia harapkan dengan berubahnya status jalan lingkar menjadi jalan negara nantinya kepadatan atau kemacetan yang sering terjadi di jalan Jendral Sudirman dapat diminimalisir.

Tak hanya itu, Syarifuddin juga menyebutkan kendaraan berat jenis truk, fuso atau kendaraan berat lainnya yang sebelumnya dilarang melintas, sudah bisa bebas tanpa dibatasi waktu.

Lebih lanjut dijelaskan mantan Kadis Penerangan Provinsi Babel ini, usulan tukar guling jalan Sudirman dengan Jalan Lingkar selama ini ditolak Kementerian PU Pusat dikarenakan tukar guling aset pemerintah tidak diperbolehkan.

Oleh karenanya kemudian pihaknya memperbaharui usulan dengan meningkatkan status jalan lingkar menjadi jalan negara, sedangkan status jalan Jendral Sudirman tetap sebagai jalan negara. 

"Pemerintah Pusat tidak bisa mengabulkan kalau tukar guling. Akan tetapi kalau peningkatan status memang diatur. Makanya asset Pemkot berupa jalan lingkar akan diberi namanya termasuk terminal juga akan diberi namanya, untuk memudahkan administrasinya," bebernya.

Masih katanya, dengan perubahan tersebut nantinya kendaraan angkutan pedesaan dilarang masuk kota dan harus ngetem di terminal penyangga di Cambai dan di Prabumulih Utara, Sukaraja. 

"Kemudian untuk angkot direncanakan ada bus perintis." tandasnya.  

Sebelumnya, Kepala Dinas PU Prabumulih, Ir H Ardi Supratman menjelaskan dengan perubahan status jalan lingkar menjadi jalan negara memudahkan perawatannya karena menggunakan dana APBN, dan yang berwenang memperbaikinya PU BM Provinsi Sumsel
Share this article :

Posting Komentar

Situs Berita Online POSMETROPRABU.COM. Pertama dan Terbesar di Kota Prabumulih. Terbit sejak Juni 2011

 
Support : Creating Website | Johny Template | Posmetro Cyber Group
Copyright © 2011. Posmetro Prabu - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Jun Manurung
Proudly powered by Posmetro Prabu