Home » » MUI Prabumulih Himbau Pedagang Hewan Kurban Tak Berbuat Curang

MUI Prabumulih Himbau Pedagang Hewan Kurban Tak Berbuat Curang

Written By Posmetro Prabu on 18/09/14 | 9/18/2014

PRABUMULIH, PP - Mendekati hari raya Idul Adha, sejumlah pedagang hewan kurban jenis kambing mulai berdatangan dikota Prabumulih. Untuk menjaga agar hewan kurban yang dijual tersebut memang layak dijadikan hewan kurban atau sesuai dengan syariat islam. 

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Prabumulih, M Ali Aman SAg mengingatkan, kepada pedagang hewan kurban untuk tidak berbuat curang, dan menghalalkan segala cara untuk mendapatkan keuntungan.

"Itu diharamkan secara agama, karena untuk hewan kurban ada syarat syarat khusus yang harus diperhatikan. Tidak asal hewan," ungkapnya.

Tak hanya itu, Ali juga mengingatkan kepada para pembeli hewan kurban harus selektif dalam memilih hewan kurban yang akan dibeli.

"Agar tidak ditipu oleh penjual, apabila si pembeli kurang paham hewan yang layak untuk dikurbankan, sebaiknya ajak orang orang. Yang lebih tahu tentang hal itu," ujarnya.

Diterangkan Ali, kriteria hewan kurban yang dapat dijadikan hewan kurban sesuai syariat islam diantaranya hewan tersebutvtelah mencapai usia yang ditetapkan syariat islam.

"Selain itu,vhewan yang dikurban harus sehat atau tidak memiliki cacat seperti kuping atau ekor harus utuh, mata tidak buta dan tidak pincang alias kencot," terangnya.

Untuk itu, Ali juga mengajak dinas terkait untuk bersama-sama mengawasi penjualan hewan kurban.

"mungkin ada hewan yang terkena penyakit, atau tak layak untuk dijual. Untuk itu dinas peternakan dan juga dinas kesehatan ikut mengawasi dan jiga ada yang kedapatan menjual hewan tak layak ditegur langsung. Kita juga menyarankan untuk hewan yang telah diperiksa diberi label layak jual," imbuhnya.(dsd)


Share this article :

Posting Komentar

Situs Berita Online POSMETROPRABU.COM. Pertama dan Terbesar di Kota Prabumulih. Terbit sejak Juni 2011

 
Support : Creating Website | Johny Template | Posmetro Cyber Group
Copyright © 2011. Posmetro Prabu - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Jun Manurung
Proudly powered by Posmetro Prabu