Home » , » LSM Desak Walikota Tindak Kontraktor Proyek Taman Kota Prabu Jaya

LSM Desak Walikota Tindak Kontraktor Proyek Taman Kota Prabu Jaya

Written By Posmetro Prabu on 23/09/14 | 9/23/2014

PRABUMULIH, PP - Sejumlah kalangan masyarakat Kota Prabumulih menyayangkan sejumlah Proyek yang di duga dikerjakan asal-asalan di Kota Prabumulih. Pasalnya proyek tersebut menurut warga adalah hasil dari pajak yang dibayarkan oleh masyarakat. Jika dikerjakan asal-asalan tentu sangat menciderai hati masyarakat khususnya warga Prabumulih.

Seperti kasus yang menghebohkan belum lama ini. Lengan patung Taman Kota Prabujaya patah lantaran diduga dikerjakan asal-asalan. Beruntung kerusakan tersebut masih dalam tahap pengerjaan dan belum diserahkan sepenuhnya untuk dimanfaatkan. 

Kendati demikian, masyarakat Kota Prabumulih tetap tidak percaya lagi dengan bangunan tersebut dan ditakutkan peristiwa lebih besar lagi bisa saja menimpa warga jika toh proyek tersebut dipertahankan. Lebih baik sedini mungkin Pemerintah menarik kembali pengerjaan tersebut sebelum hal-hal yang tidak di inginkan terjadi akibat kualitas bangunan yang tidak terjamin.

Demikian disampaikan oleh aktivis lembaga swadaya masyarakat (LSM) pemantau pembangunan dan penyelamat aset daerah (LP3AD) Mulwadi menyikapi lemahnya pengawasan pemerintah pada kegiatan pembangunan di Bumi Seinggok Sepemunyian sehingga dikhawatirkan sebagian anggaran yang dukucurkan banyak dikorupsi dengan cara pengurangan volume bangunan.

Hal ini sudah terbukti di beberapa proyek yang sudah berlangsung di Kota ini dari tahun ke tahun. Dimana lanjut Mulwadi mengatakan bahwa banyak proyek di Kota Prabumulih yang rusak di usia dini. Selain itu lanjut kemong sapaan akrabnya, beberapa proyek di Kota Nanas banyak yang tidak masuk akal. Dimana ada proyek berjudul rehabilitasi namun jumlah anggarannya melebihi dari harga bangunan. Artinya nilai bangunan yang akan direhab hanya mencapai satu miliar namun biaya rehabilitasi lebih dari satu miliar dan sangat tidak masuk akal.

Salah satu proyek tersebut menurut Kemong adalah pembangunan rehabilitasi gedung olahraga Prabujaya. Sejauh ini menurut pengamatannya, bangunan tersebut sudah dua tahap pelaksanaan. Dimana tahap pertama anggaran yang dikucurkan mencapai Rp, 2 miliar sementara tahap ke 2 bernilai Rp 4,6 miliar. Sementara jika ditotal biaya rehab gedung olahraga Prabujaya mencapai Rp. 6 miliar lebih dan dinilai terlalu mengada-ada dan sarat muatan politis.

Mengusut pelaksanaan proyek taman Kota Prabujaya, Pria yang akrab dengan wartawan ini mengungkapkan bahwa sudah sepantasnya Walikota menindak kontraktor pelaksana kegiatan sebelum masyarakat beranggapan miring terhadap Walikota. Pasalnya proyek tersebut sangat sensitif lantaran diperuntukkan sebagai fasilitas umum. 

Intinya lanjut Kemong warga Kota Prabumulih sudah tidak percaya lagi dengan proyek tersebut sehingga mendesak Walikota untuk menarik atau menghentikan kegiatan proyek sebelum masa pelaksanaannya habis, tegasnya.

Sementara itu, pelaksana kegiatan proyek taman kota Prabujaya Temi saat ditemui hanya bisa menyalahkan tukang. Temi mengungkapkan, bahwa pihaknya selaku pelaksana pembangunan telah menyiapkan segela sesuatu yang dibutuhkan dalam proyek pembuatan patung tersebut namun tidak digunakan oleh tukang.

"Kita sudah siapkan besi, semen dan hal lain yang diperlukan untuk pembuatan patung, tetapi tukang yang kita bayar langsung dari Jogja tidak memakai besi," ujarnya.

Sayangnya Pria yang mengaku juga sebagai pengawas ini tampak enggan berbicara banyak saat disinggung apakah dalam pengerjaan proyek tidak ada pengawasan dari Dinas terkait. 

Sementara itu, Kepala Dinas Pkerjaan Umum (PU) Kota Prabumulih Ir Ardi Supratman belum bisa memberikan komentar masalah proyek Taman Kota Prabujaya. Saat ditemui diruang kerjanya sang Kepala Dinas tidak berada dikantor. Salah seorang staff di Dinas PU lantai 4 Sekretariat Kota Prabumulih itu kepada portal ini mengaku bahwa Kepala Dinas sedang keluar dalam rangka peninjauan lahan pameran pembangunan di jalan lingkar bersama Walikota Prabumulih. (pp/01)


Share this article :

+ komentar + 2 komentar

Posting Komentar

Situs Berita Online POSMETROPRABU.COM. Pertama dan Terbesar di Kota Prabumulih. Terbit sejak Juni 2011

 
Support : Creating Website | Johny Template | Posmetro Cyber Group
Copyright © 2011. Posmetro Prabu - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Jun Manurung
Proudly powered by Posmetro Prabu