HEADLINE NEWS

Indira Tania : Pemeriksaan Kanker Leher Rahim Ditanggung BPJS

PRABUMULIH, PP - Pemerintah Kota Prabumulih bekerjasama dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kota Prabumulih dan Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Sumatera Selatan (sumsel) mengadakan sosialisasi Gerakan Nasional Preventif Deteksi Dini Kanker Leher Rahim.

Acara tersebut dilaksanakan sebagai upaya pencegahan dan menekan angka kematian yag diakibatkan penyakit kanker leher rahim. Mengingat,  penyakit tersebut sudah banyak diderita oleh kaum hawa disejumlah daerah.

Kepala BPJS Kota Prabumulih, Indira Tania menuturkan untuk mencegah kanker leher rahim yang dijumpai sejak dini dapat dilakukan dengan dua metode pemeriksaan.

"Untuk melakukan pencegahan kanker leher rahim yang dijumpai dini, bisa dilakukan dengan dua metode pemeriksaan, yaitu metode pemeriksaan Ifa dan metode pemeriksaan Papsmir," ungkapnya.

Indira juga menjelaskan jika nantinya kedua pemeriksaan tersebut (ifa dan papsmir) akan ditanggung BPJS dan pihaknya juga telah bekerjasama dengan salah satu Rumah Sakit yang ada di Kota Prabumulih untuk pemeriksaan tersebut.

"Kita telah bekerjasama dengan Rumah Sakit AR Bunda Prabumulih dan Puskesmas Pasar Prabumulih untuk melakukan pemeriksaan tersebut. Dan juga dalam melakukan pemeriksaan itu, pasien tidak perlu membawa rujukan lagi. Hanya perlu membawa kartu registrasi yang sudah kita sediakan dan kartu BPJS kesehatan," jelasnya.

Selain itu, Indira juga menerangkan untuk mempermudah dan memperbanyak pelayanan pemeriksaan kanker tersebut, pihaknya berencana melatih sejumlah puskesmas yang ada di Kota Prabumulih.

"Karena dilihat banyak penderita kanker leher rahim disejumlah daerah sehingga perlu diberikan sosialisasi agar ada pencegahan. Untuk itu, nantinya kita akan melatih sejumlah puskesmas, karena kalau sudah masuk stadium lanjut, untuk mengobati penyakit kanker tersebut mahal sekali biayanya," terangnya

Previous
« Prev Post
Show comments
Hide comments

Situs Berita Online POSMETROPRABU.COM. Pertama dan Terbesar di Kota Prabumulih. Terbit sejak Juni 2011

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *